Universitas Muslim Indonesia Farmasi UMI Ikuti Kompetisi Futsal Kesehatan TK. Nasional Mahasiswa Farmasi UMI Terima Beasiswa EGC Kedokteran Dosen UMI Ikuti Pelatihan Supervisi KKN UMI – Mensos Tingkatkan Kerjasama dengan Penandatanganan MOU UMI Adakan Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMA Se-Makassar UMI Gelar Pelatihan Da’i Bagi Siswa SMA Se-Makassar Buat Permen untuk Obesitas, Mahasiswa Farmasi UMI Wakili Indonesia ke Taiwan Mensos RI Ajak Mahasiswa UMI Amalkan Ilmu Atasi Masalah Sosial Kapolda Bersilaturahmi di UMI BAN-PT Visitasi Prodi Muamalah UMI

Amal Usaha

Saat ini Yayasan Wakaf UMI telah mewujudkan sebahagian dari apa yang telah dicita-citakan, dengan berdirinya tiga pilar Amal Usaha yaitu:

1. Pendidikan dan Dakwah

Lembaga pendidikan yang dibina Yayasan Wakaf UMI adalah :
a. Lembaga Pendidkan Persiapan (LPP) meliputi :
- Sekolah Mengengah Pertama (SMP)
- Sekolah Menengah Atas (SMA)
- Sekolah Menengah Kejuruan (STM dan SMEA)
b. Lembaga Pendidikan Tinggi, yaitu :
- Universitas Muslim Indonesia, dengan 12 fakultas
- Program Pascasarjana, dengan 4 program studi magister (S-2) dan 2 program studi doktor (S-3).
- Akademi Bahasa Asing (ABA) jurusan Bahasa Inggris
c. Lembaga Pendidikan Pesantren, yaitu :
- Pesantren Wihdatul Ulum, Borisallo Kab. Gowa
- Pesantren Mizatul Ulum, Sanrobone Kab. Takalar
- Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlishin, Padanglampe Kab. Pangkep.

2.  Usaha dan Dakwah

Disamping membina lembaga pendidikan, Yayasan Wakaf UMI juga membina unit-unit usaha sejak pada tahun 1994, kehadiran unit usaha ini diharapkan dapat membantu yayasan dalam pembiayaan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan pembinaan umat.

Unit-Unit usaha yang dimiliki adalah :
a. Baitul Maal Wattamwil “ Ukhuwah”, merupakan lembaga keuangan non formal.
b. PT. Ukhuwah UMI Teknik, yang bergerak dibidang real estate dan kontraktor.
c. PT. Ukhuwah UMI Bisnis, yang bergerak dibidang perdagangan umum
d. PT. Ukhuwah UMI Industri, bergerak dibidang air minum kemasan dengan merek “Ukhuwah”.
e. PT. Umotoha Ukhuwah Grafika, bergerak dibidang percetakan dan penerbitan.3.  Kesehatan dan Dakwah

3. Kesehatan dan Dakwah

Yayasan Wakaf UMI tidak hanya bergerak di bidang pendidikan dan dakwah serta usaha dan dakwah, tetapi juga kesehatan dan dakwah, dengan beroperasinya Rumah Sakit  “Ibnu Sina, yang sebelumnya bernama Rumah Sakit “45”. Rumah Sakit ”Ibnu Sina” YW-UMI eks Rumah Sakit ”45” didirikan pada Tahun 1988 berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan No. 6783/DK-I/SK/TV.1/X/88, tanggal 05 Oktober 1988.

Peralihan rumah sakit ini dilakukan pada tanggal 16 Juni 2003 dari Yayasan Andi Sose ke Yayasan Badan Wakaf UMI yang ditandatangani oleh masing-masing ketua, yaitu Dr. Hc. Andi Sose sebagai ketua Yayasan Andi Sosen dan Prof. Dr. H. Abdurahman A. Basalamah sebagai ketua Yayasan Badan Wakaf UMI. Berdasarkan hak atas kepemilikan baru ini, maka nama Rumah Sakit ”45” oleh Yayasan Wakaf UMI diubah menjadi Rumah Sakit ”Ibnu Sina” YW-UMI dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 17 Mei 2004.

Rumah Sakit “Ibnu Sina” mempunyai fasilitas dan kemampuan menyelenggarakan berbagai jenis pelayanan, disamping sebagai pelayanan medis, juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan bagi profesional kesehatan dari berbagai jenjang pendidikan bidang kesehatan.

Rumah Sakit “Ibnu Sina” YW-UMI dibangun diatas tanah 18.008 M2 dengan luas bangunan 12.025 M2, beralamat jalan Letnan Jenderal Urip Sumoharjo Km5 No.264 Makassar, memperoleh Surat Izin penyelenggaraan Rumah Sakit dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia, berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. YM. 02.04.3.5.4187, tanggal, 26 September 2005.

Selanjutnya Departemen Kesehatan Republik Indonesia, memberikan Sertifikat Akreditasi Rumah Sakit No. YM.01.10/III/1879/09, sertifikat tersebut diberikan sebagai pengakuan bahwa rumah sakit telah memenuhi standar pelayanan rumah sakit yang meliputi : Adminstrasi Manajemen, Pelayanan Medis, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Keperawatan, Rekan Medis dan status Akreditasi ” Penuh tingkat Dasar”. Dan sekarang telah ditetapkan Tipe Rumah Sakit Ibnu Sina berdasarkan Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 993/MENKES/SK/XI/2009 Tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Makassar, ditetapkan sebagai rumah sakit umum swasta dengan Klasifikasi Kelas B ( Tipe B ).

Dalam mengelola yayasan ini para penerima amanah menerapkan manajemen Islam,  sehingga semua jabatan  yang  ada dalam lingkup organisasi yayasan (lembaga pendidikan, unit usaha dan rumah sakit), didefinisikan sebagai amanah.

Sebagai amanah, maka apapun nama dan level dari jabatan yang dipercayakan, harus dipandang dan diterima sebagai pekerjaan mulia yang harus dipertanggungjawabkan, tidak saja kepada atasan, tetapi juga kepada Allah SWT.

E-Campus

SIMPADU

Sistem Informasi Manajemen & Akademik Terpadu

Knowledge Management Center

Library & E-Learning

Web Mail

Layanan E-Mail Mahasiswa Dosen & Pegawai

Social Blogging

Blogging platform dengan Wordpress dan forum diskusi