Universitas Muslim Indonesia UMI Bantu Korban Kebakaran Rappocini Makassar Mahasiswa FKM & FIK UMI Ikuti Pencerahan Qalbu Tingkatkan Pelayanan, FTI Benahi Infrastruktur UMI – Kemenag Sambut Muharram dengan Silaturahmi & Temu Tokoh Agama Farmasi UMI Ikuti Kompetisi Futsal Kesehatan TK. Nasional Mahasiswa Farmasi UMI Terima Beasiswa EGC Kedokteran Dosen UMI Ikuti Pelatihan Supervisi KKN ASMI Balikpapan Jadikan Manajemen UMI Percontohan UMI – Mensos Tingkatkan Kerjasama dengan Penandatanganan MOU UMI Adakan Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMA Se-Makassar

Pilar Usaha dan Dakwah

Pilar usaha dan dakwah Yayasan Wakaf UMI mulai dirintis akhir tahun 1994, kehadiran bidang usaha ini diharapkan dapat membantu yayasan dalam pembiayaan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan pembinaan umat (dakwah) yang memerlukan biaya yang cukup besar.

Aktifitas unit-unit usaha senantiasa berpedoman pada visi dan misi Yayasan Wakaf UMI, dan diarahkan untuk memberi pelayanan optimal dalam mendukung aktivitas akademik di UMI. Untuk itu, pengelola unit-unit usaha harus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan profesionalisme, sehingga dapat memberi profit/kontribusi pendanaan untuk menunjang aktifitas yayasan secara keseluruhan.

1. Baitul Maal Wattamwil Ukhuwah (BMTU)

Unit usaha ini merupakan lembaga keuangan non formal (swadaya masyarakat) yang beroperasi atas dasar syariah Islam dan mengelola dana untuk kesejahteraan umat melalui strategi pengembangan usaha serta zakat, infaq, shadaqah. BMTU diresmikan pengoperasiannya pada tanggal 15 Juli 1995 oleh Menteri Keuangan RI. H. Mar’ie Muhammad di Makassar, dengan sistem pengelolaan yang didasarkan akad (perjanjian) yang sesuai syariah Islam (bagi hasil) tanpa adanya unsur rente atau bunga.

Pelayanan yang diberikan oleh BMTU saat ini, umumnya keluarga besar Yayasan Badan Wakaf UMI seperti dosen, karyawan dan mahasiswa.

Bentuk pelayanan yang dilakukan oleh BMT Ukhuwah meliputi :

  1. Pelayanan Simpan Pinjam.
  2. Pelayanan Pembiayaan.

Direktur : Hj. St. Hafsah, SE
Alamat Kantor : Jl. Kakatua No. 27 Telp. (0411) 878675 Makassar

2. PT. Ukhuwah UMI Teknik

PT. Ukhuwah UMI Teknik, merupakan salah satu badan usaha yang didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf UMI, berdasarkan akte pendirian Nomor 602 tanggal 21 Desember 1995 oleh Notaris Mestariany Habie, SH, dan telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman RI Nomor ; C2-4346.HT.01.01 Tahun 1997.

  1. 1. Kontraktor/Konstruksi
  2. 2. Pembangunan Perumahan (Real Estate)

Pembangunan Perumahan Ukhuwah UMI di Jl. Racing Centre/ Jl. Petta Rani II Makassar dengan luas 2,77 ha.
Pembangunan Perumahan Taman Ukhuwah Sakinah, Daya Makassar dengan luas 26 ha rencana pembangunan perumahan sebanyak 1291 unit, dengan type 29/78, 36/104 RS, 45/120 RS, 54/150 RS dan 70/176 RS. Lahan yang sudah dibebaskan 9,7 ha dan sudah terbangun 428 unit.

Pembangunan Perumahan Ukhuwah Antang dengan luas 3,6 ha, Makassar direncanakan akan dibangun rumah sebanyak 239 unit dengan type 36/84 dan 45/104, dan telah direalisasikan pembangunannya sebanyak 53 unit rumah.

Direktur : Ir. Sudarman Supardi, MT
Alamat Kantor : Komp. Ruko Lili Telp. (0411) 457084 Makassar

3. PT. Ukhuwah UMI Bisnis

PT. Ukhuwah UMI Bisnis, unit usaha ini didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf UMI, pada tanggal 3 April 1996 dengan Akte Notaris Mestariany Habie, SH Nomor 14, dan pengesahan dari Menteri kehakiman R.I Nomor : C2-3.484.HT.01.01 TH.97. Kehadiran PT. Ukhuwah UMI Bisnis diharapkan untuk melayani berbagai kebutuhan interen, yang makin kompleks dan variatif dengan jumlah yang tidak sedikit, dan diharapkan dapat memberi konstribusi bagi Yayasan Wakaf UMI.

Jenis Usaha :

  1. Unit Perdagangan Umum
  2. Unit Konveksi,
  3. Unit Kantin

Manajer : H. Hasan, SE
Alamat Kantor : Kampus II UMI Jl. Urip Sumoharjo Km. 05 Telp. (0411) 443702 Makassar

4. PT. Ukhuwah UMI Industri

PT Ukhuwah UMI Industri dikhususkan menangani bidang industri, didirikan pada tanggal 21 Desember 1995 dengan akte notaris Mestariany Habie, SH Nomor 601 dan pengesahan Menteri Kehakiman No. C2-4.347.HT.01.01 Th.97.

Saat ini aktifitas perusahaan adalah memproduksi air minum mineral kemasan dan telah bersertifikasi dengan keluarnya SNI Nomor 01-3553-1996 dengan merek “Ukhuwah” dalam kemasan galon dan gelas, dan telah dipasarkan untuk wilayah Sulawesi Selatan. Produksi yang ada sekarang berkapasitas antara 296.400 Liter – 345.800 Liter per bulan.

Manajer : H. Alide, SE
Alamat Kantor : Jl. Lanraki, Daya Telp. (0411) 581234 Makassar

5. PT. Umitoha Ukhuwah Grafika

Perusahaan ini merupakan kerjasama antara Yayasan Wakaf UMI dengan PT. Toha Putra Semarang dan diberi nama PT. Umitoha Ukhuwah Grafika, yang bergerak dalam bidang percetakan, penerbitan.

Perusahaan ini didirikan berdasarkan akte notaris Mestrariany Habie, SH Nomor: 26 Tanggal 7 Mei 1996, dan pengesahan Menteri Kehakiman RI No. C2-9200.HT.01.01 TH.97. Jenis pelayan yang diberikan meliputi ; jasa pelayanan terpadu di bidang percetakan, penerbitan, copy center, dan pembuatan kartu pegawai (ID Card), desain grafis, penulisan kreatif dan konsultan publikasi.

Sudah banyak buku-buku umum dan literatur yang diterbitkan, dan telah bergabung dalam IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia), bahkan telah mendapat kepercayaan dari pemerintah (Departemen Agama RI) untuk mencetak dan menerbitkan Al-Quran 30 juz dan Al-Quram juz Amma.

Manajer : M. Nasir Mappile, SE
Alamat Kantor : Jl. Kakatua No. 27 Telp. (0411) 5073474 Makassar

6. Sawah, Empang dan Kapal Penangkap Ikan

Unit-unit usaha Yayasan Wakaf UMI sebagaimana disebutkan di atas, semuanya telah berbadan hukum dalam bentuk perseroan, disamping itu masih ada unit usaha lain, yaitu Sawah dan Empang dengan luas 45,115 M2 berada di Kalibone Kab. Pangkep, dan Kapal Penangkap Ikan sebanyak 2 (dua) unit dengan ukuran 6 x 14 m (T. Ziat 1) yang diperoleh pada tahun 1993, sedang T. Ziat 2 dengan ukuran 4 x 16 m yang diperoleh pada tahun 1997. Kedua kapal penangkap ikan tersebut bersandar di Barombong Kab. Takalar.

Pada awalnya, sawah, empang dan kapal tersebut berada di bawah koordinasi Fakultas Pertanian dan Perikanan UMI, sekaligus sebagai laboratorium lapang bagi mahasiswa. Keberadaan sawah, empang dan kapal disamping sebagai laboratorium, sekaligus dapat dikomersialkan, sehingga dapat membantu dalam operasional laboratorium

E-Campus

SIMPADU

Sistem Informasi Manajemen & Akademik Terpadu

Knowledge Management Center

Library & E-Learning

Web Mail

Layanan E-Mail Mahasiswa Dosen & Pegawai

Social Blogging

Blogging platform dengan Wordpress dan forum diskusi