Universitas Muslim Indonesia Mahasiswa FTI UMI Ikut Kompetisi Tingkat Asia Tenggara UMI-STKIP Muhammadiyah Bone Jalin Kerjasama UMI – Pemkab. Gorontalo Utara Jalin Kerjasama Efektifkan Kinerja & SDM, FAI UMI Benahi Kurikulum Sains & Iptek dalam Al-Qur’an Dikaji di Masjid UMI Fakultas Agama Islam UMI – UPM Inisiasi Kerjasama ‘International Lecturing’ UMI Siap Support Dana bagi Peneliti Dosen & Mahasiswa UMI Kembali Raih Medali Emas dalam Lomba Inventor’s Day di Thailand UMI Hadiri Kongres Umat Islam Indonesia di Yogyakarta Rektor UMI Upayakan Seluruh Karyawan & Dosen Injakkan Kaki di Tanah Suci

Kajian Hadist tentang Pernikahan

Kajian Hadis tentang pesta pernikahan berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (8/3). Hadir Ketua LPDKI Dr.H.M.Ishaq Samad,MA, para Wakil Dekan IV UMI, sejumlah dosen dan mahasiswa UMI. Pemateri Dr.H.M.Thahir Bandu,MA

Dr.Tahir Bandu,MA menyatakan, “Pelaksanaan pernikahan harus ada kegiatan yang menggembirakan (apakah nyanyian atau musik/gendang), termasuk jika ada ceramah/nasehat perkawinan. Pada masa Nabi Muhammad Saw pesta pernikahan disertai dengan suasana kegembiraan dengan memukul gendang atau rebana yang dikenal saat ini,” ungkapnya.

Dikatakan pula bahwa pesta pernikahan yang disertai nyanyian-nyanyian sesuai syariat Islam. Namun penyanyi seperti candoleng-candoleng sudah ada sejak jaman jahiliyah dan praktik nyanyian seperti itu dilarang Nabi. Selain itu, Istri Nabi, Aisyah pernah ditemani Nabi nonton nyanyian sampai Aisyah puas di suatu pesta pernikahan di sekitar masjid.

Karena itu, “Jika ada pengantin tidak apa-apa ada musik dan nyanyian tetapi yang Islami dan boleh dilaksanakan di sekitar Masjid,”  urainya.

(Humas UMI)


E-Campus

SIMPADU

Sistem Informasi Manajemen & Akademik Terpadu

Knowledge Management Center

Library & E-Learning

Web Mail

Layanan E-Mail Mahasiswa Dosen & Pegawai

Social Blogging

Blogging platform dengan Wordpress dan forum diskusi