Universitas Muslim Indonesia Info Wisuda Sarjana Takhrij Thalabat UMI Periode I Info Penerimaan Maba UMI T.A. 2014/2015 Lagi, Prof. Masrurah Pimpin UMI 6 Rektor PT Makassar Berbagi Inspirasi Kartini di UMI LPMD UMI Adakan Workshop Pengabdian pada Masyarakat Mahasiswa UMI Dibekali Enterpreneur Skill 200-an Siswa SMA 3 Lau Maros Adakan Zikir & Doa Sambut UN Mantan WR3 UMI Raih Gelar Doktor Teknik Mesin Pengurus Lembaga Mahasiswa UMI Dibekali Pendidikan Karakter SMAN 8 Maros Gandeng LPDKI Gelar Zikir & Doa Akbar

Kajian Hadist tentang Pernikahan

Kajian Hadis tentang pesta pernikahan berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (8/3). Hadir Ketua LPDKI Dr.H.M.Ishaq Samad,MA, para Wakil Dekan IV UMI, sejumlah dosen dan mahasiswa UMI. Pemateri Dr.H.M.Thahir Bandu,MA

Dr.Tahir Bandu,MA menyatakan, “Pelaksanaan pernikahan harus ada kegiatan yang menggembirakan (apakah nyanyian atau musik/gendang), termasuk jika ada ceramah/nasehat perkawinan. Pada masa Nabi Muhammad Saw pesta pernikahan disertai dengan suasana kegembiraan dengan memukul gendang atau rebana yang dikenal saat ini,” ungkapnya.

Dikatakan pula bahwa pesta pernikahan yang disertai nyanyian-nyanyian sesuai syariat Islam. Namun penyanyi seperti candoleng-candoleng sudah ada sejak jaman jahiliyah dan praktik nyanyian seperti itu dilarang Nabi. Selain itu, Istri Nabi, Aisyah pernah ditemani Nabi nonton nyanyian sampai Aisyah puas di suatu pesta pernikahan di sekitar masjid.

Karena itu, “Jika ada pengantin tidak apa-apa ada musik dan nyanyian tetapi yang Islami dan boleh dilaksanakan di sekitar Masjid,”  urainya.

(Humas UMI)


E-Campus

Social Blogging

Blogging platform dengan Wordpress dan forum diskusi

Jurnal Penelitian

Direktori jurnal penelitian dosen setiap fakultas

E-Learning

Media Perkuliahan online

SIMAK

Sistem Informasi Akademik terpadu

Database Doktor

Daftar Doktor dan Guru Besar UMI

Perpustakaan

Direktori perpustakaan online

Digilib

Digital Library

Sisfo Asset

Sistem Informasi Asset UMI