Universitas Muslim Indonesia Prodi Bahasa & Sastra Arab UMI 80 % Kualifikasi Doktor Rektor UMI Silaturahim ke Pemda Pangkep & Mahasiswa KKN Wapres Terpilih Jusuf Kalla Silaturrahim ke UMI Pimpinan UMI Hadiri Silaturrahim & Raker BKS PTIS Rektor UMI & Pimpinan Kedokteran UMI Hadiri AMEE di Italia New Zealand Lirik Kerjasama dengan UMI Pascasarjana UMI Gandeng PTN-PTS Makassar Aktualkan Standar Nasional PT Pangdam Wirabuana VII Beri Ceramah Depan Maba UMI UMI Sambut MABA dengan Pesantren Kilat Pekan Pesantren UMI Dimulai Tanggal 18 Juli 2014

Tim Penjaminan Mutu Kemendikbud RI Lakukan Supervisi dan Bimbingan EMI

Tim dari Penjaminan Mutu Kemendikbud RI dipimpin Syaiful Bahri melakukan Supervisi dan Bimbingan Teknis Instrumen Evaluasi Mutu Internal (EMI) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), di ruang Senat Kampus II UMI Jl. Urip Sumoharjo makassar, Kamis 16 Mei 2013.

Ketua Lembaga Penjaminan  Mutu UMI Dr. Ir. Abd. Karim Hadi, MSc mengatakan kegiatan ini merupakan sosialisasi dan penjelasan cara pengisian instrumen Evaluasi Mutu Internal (EMI) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

“Karena EMI ini merupakan instrument baru dalam sistem penjaminan mutu, sehingga perlu diketahui bagaimana mengisi dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Bimbingan teknis ini diikuti 50 peserta terdiri dari para Wakil Dekan I dan Ketua Program Studi dalam lingkup UMI, dan akan berlangsung selama dua hari.

Rektor UMI diwakili Wakil Rektor I Prof Dr H Syahnur Said, MS mengatakan, kegiatan ini sangat penting dalam upaya penjaminan mutu UMI ke depan, Evaluasi Mutu Internal     (EMI) ini merupakan instrumen baru dalam sistem penjaminan mutu, sehingga dalam pengisian perlu bimbingan. Untuk itu para peserta diharapkan dapat mengisi dengan jujur, sesuai kondisi  dan kenyataan di masing-masing program studi, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan program studi kedepan.

Syaiful Bahri mengatakan, Evaluasi Mutu Internal (EMI) merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di perguruan tinggi oleh perguruan tinggi, untuk mengawasi penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi sendiri secara berkelanjutan.

“Jadi EMI akan melihat kinerja internal masing-masing program studi, kalau EMI ini dilakukan dengan baik, maka nilai akreditasi program studi tidak akan turun, karena akan terus dievaluasi secara rutin setiap semester,” jelasnya.

Akreditasi dan evaluasi dua kegiatan yang saling mendukung, sehingga diperlukan upaya bersama untuk saling mendekatkan antara evaluasi dengan akreditasi.

(Humas UMI)


E-Campus

SIMPADU

Sistem Informasi Manajemen & Akademik Terpadu

Knowledge Management Center

Library & E-Learning

Web Mail

Layanan E-Mail Mahasiswa Dosen & Pegawai

Social Blogging

Blogging platform dengan Wordpress dan forum diskusi