Universitas Muslim Indonesia UMI Bantu Korban Kebakaran Rappocini Makassar Mahasiswa FKM & FIK UMI Ikuti Pencerahan Qalbu Tingkatkan Pelayanan, FTI Benahi Infrastruktur UMI – Kemenag Sambut Muharram dengan Silaturahmi & Temu Tokoh Agama Farmasi UMI Ikuti Kompetisi Futsal Kesehatan TK. Nasional Mahasiswa Farmasi UMI Terima Beasiswa EGC Kedokteran Dosen UMI Ikuti Pelatihan Supervisi KKN ASMI Balikpapan Jadikan Manajemen UMI Percontohan UMI – Mensos Tingkatkan Kerjasama dengan Penandatanganan MOU UMI Adakan Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMA Se-Makassar

JADWAL PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU UMI

Mulai Tahun Akademik 2012/2013, UMI melakukan 2 (dua) model sistem seleksi, yaitu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi secara bersama pada 33 PTN dan PTS di Indonesia (UMB Nusantara). SPMB dilakukan secara tertulis bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada calon mahasiswa untuk mengikuti pendidikan di UMI sedangkan UMB Nusantara dilakukan secara nasional dengan sistem on-line.

Proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui 2 (dua) cara yaitu:

  1. Ujian Seleksi Masuk diselenggarakan dalam bentuk Ujian Tertulis dan Wawancara
  2. Bebas Ujian Tertulis dan Biaya Pendaftaran (kecuali Kedokteran) bagi lulusan yang :
    a. Meraih ranking sekolah 10 (sepuluh) besar UAN (Ujian Akhir Nasional) dan lulus pada Tahun 2012.
    b. Hafal Al-Qur’an minimal 10 Juz dibuktikan dengan sertifikat atau Surat Keterangan dari LPDKI UMI.
    c. Berprestasi dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan, olah raga atau seni baik pada tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi atau tingkat Nasional yang dibuktikan dengan Surat Keterangan/Piagam dari Pejabat terkait.

 

 

A.   Persyaratan

Ketentuan Umum

1.   Warga Negara Indonesia, bagi Warga Negara Asing mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.   Lulusan SMU/SMK/MA dan Pesantren atau sederajat (Paket C).

 

Ketentuan Khusus

1.   Peserta kelompok IPA dapat memilih kelompok ujian IPS, sedangkan kelompok ujian IPS tidak dapat memilih kelompok ujian IPA, kecuali (Program studi Kesehatan Masyarakat, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Arsitektur, Pertanian dan Perikanan, Teknik Industri, Teknik Kimia dan Teknik Pertambangan) dengan pilihan minimal 2 (dua) dan maksimal 3 (tiga) program studi.

2.   Tidak Buta Warna yang memilih program studi :

a.   Pendidikan Dokter, Farmasi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

b.   Bagi calon peserta yang memilih Program studi Ilmu Keperawatan dan Kebidanan disyaratkan memiliki tinggi badan minimal 150 cm.

 

B.   Pendaftaran

Pendaftaran peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMI tahun 2012/2013, dimulai tanggal 2 April 2012 hingga tanggal 29 Juni 2012.

Cara Pendaftaran

Pengambilan dan pembayaran Formulir

  • Formulir dapat diambil pada Sekretariat Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), di Auditorium Al-Jibra kampus II UMI Jalan Urip Sumoharjo KM.05 Makassar.
  • Pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 175.000,- (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) pada Baitul Maal wat Tamwil Ukhuwah (BMTU) di Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI.

 

Pengembalian Formulir.

  •  Waktu setiap hari kerja (Senin – Jumat) pukul 08.00 s.d. 16.00 Wita.
  • Pengembalian formulir secara perorangan dengan melampirkan :

1.   Fotocopy Ijazah dan hasil UAN/DANEM yang telah dilegalisasi, masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar.

2.   Pas foto berwarna ukuran 4×6 cm dan 3×4 cm, masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar.

3.   Untuk lulusan yang setara SMU dari luar negeri, ijazah atau surat kelulusan dilegalisasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4.   Bagi yang memilih program studi Pendidikan Dokter, wajib melampirkan fotocopy rapor kelas X s.d XII yang dilegalisir Kepala Sekolah.

5.   Bagi calon mahasiswa Kedokteran, umur ijazah tidak lebih dari 3 (tiga) tahun.

6.   Bagi pengguna ijazah paket C dan/atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah, wajib melampirkan rapor kelas XII yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.

7.   Bagi calon mahasiswa Bebas Test, wajib melampirkan; Surat keterangan ranking sekolah, dan/atau Fotocopy Sertifikat/Rekomendasi prestasi di bidang Ilmu pengetahuan, olah raga atau seni sebanyak 1 (satu) lembar dengan menunjukkan aslinya.

 

Persyaratan Ijazah

Jenis Ijazah dan Jurusan yang dipersyaratkan bagi Peserta Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMI dapat dilihat pada lembar lampiran.

 

C.  Ujian Seleksi

Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMI dilaksanakan melalui :

Ujian Tertulis dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2012. Yang terdiri dari :

  • Kelompok IPA   :  Agama, Bahasa Inggeris, Matematika Dasar, Biologi, Kimia, Fisika dan IPA  Terpadu.
  • Kelompok IPS   :   Agama, Bahasa Inggeris, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Kewarga-negaraan,  Ekonomi dan IPS Terpadu.

(Bagi peserta  yang dinyatakan Bebas Test, diwajibkan hadir pada saat ujian untuk menandatangani Berita Acara Pelaksanaan Ujian).

  • Ujian Wawancara (bagi calon non Fakultas Kedokteran), dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 6 Juli 2012, bertempat di Fakultas masing-masing, wajib diikuti oleh semua calon mahasiswa baru. Peserta yang tidak mengikuti ujian wawancara dinyatakan gugur.
  • Bagi calon yang memilih Fakultas Kedokteran, Ujian Test Potensi Akademik (TPA) dan TOEFL dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 6 Juli 2012.

 

Catatan :

  • Bagi calon mahasiswa yang tidak mengikuti ujian seleksi dinyatakan mengundurkan diri, dan seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.
  • Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dan telah membayar BPP dan SPP, maka BPP dan SPP yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan, bila mengundurkan diri dengan alasan apapun.

 

D.  Kelulusan

Pengumuman Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMI Tahun Akademik 2012/2013, akan diumumkan pada tanggal 14 Juli 2012, pada website www.umi.ac.id.

 

E.  Pendaftaran Ulang dan Pemeriksaan Kesehatan

Bagi calon Mahasiswa Baru UMI, yang dinyatakan LULUS, diwajibkan melakukan pendaftaran ulang dan pemeriksaan kesehatan di Gedung Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI pada tanggal 16 s.d. 28 Juli 2012.

Pendaftaran ulang dilakukan dengan membawa serta melampirkan :

1.   Kartu ujian (asli) dan fotocopy 1 (satu) lembar.

2.   Bukti hasil pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kesehatan MABA UMI.

3.   Fotocopi Kartu Pengenal (KTP/SIM) yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar.

4.   Pas foto berwarna ukuran 2×3 cm sebanyak 2 (dua) lembar dan ukuran 3×4 cm sebanyak 7 (tujuh) lembar (pakai jilbab bagi wanita).

 

F.  Pesantren Kilat

Pesantren Kilat merupakan kegiatan penyambutan mahasiswa baru UMI yang bersifat Islami dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dan semua peserta wajib tinggal di asrama dan mengikuti semua kegiatan yang sudah diatur (jadwal) oleh panitia. Pelaksanaan Pesantren Kilat pada tanggal 3 s.d. 10 September 2012, tempat pelaksanaan akan ditentukan kemudian.

 

G.  Pengenalan Perpustakaan

Pengenalan perpustakaan wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru, bertempat di Perpustakaan Utsman Bin Affan  Kampus II UMI, dan dilaksanakan pada tanggal 10 s.d. 14 September 2012.

 

H.  Perkuliahan

Perkuliahan Universitas Muslim Indonesia makassar tahun akademik 2012/2013 akan dimulai pada tanggal 17 September 2012.

 

I. JADWAL KEGIATAN MABA 

1.   Pendaftaran : 2 April s.d 29 Juni 2012

2.   Ujian Seleksi Masuk hari  pertama : 2 Juli 2012

3.   Ujian TPA dan TOEFL : 3 Juli 2012

4.   Ujian Wawancara : 3 s.d 6 Juli 2012

5.   Pengumuman Hasil Ujian Seleksi Masuk : 14 Juli 2012

6.   Ujian wawancara Fakultas Kedokteran : 16 s.d. 20 Juli 2012

7.   Pendaftaran Ulang dan Pemeriksaan Kesehatan  : 16 s.d. 28 Juli 2012

8.   Pesantren Kilat : 3 s.d. 10 September 2012

9.   Pengenalan Perpustakaan: 10 s.d. 14 September 2012

10. Pencerahan Qalbu : 12 September 2012

11.      Kuliah Perdana : 17 September 2012

*    Khusus untuk Fakultas Kedokteran pelaksanaan ujian TPA dan tes TOEFL.

 


E-Campus

SIMPADU

Sistem Informasi Manajemen & Akademik Terpadu

Knowledge Management Center

Library & E-Learning

Web Mail

Layanan E-Mail Mahasiswa Dosen & Pegawai

Social Blogging

Blogging platform dengan Wordpress dan forum diskusi