Universitas Muslim Indonesia Tingkatkan Kualitas SDM, Lembaga Penelitian UMI Adakan Pelatihan TOT Pekerti Dosen dan Karyawan UMI Ikuti Pencerahan Qalbu Surat Edaran: Libur Selasa-Jumat, 18-21 November 2014 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adakan Kunjungan Kerja ke UMI Batas Waktu Pengisian SIMPADU Dosen First Secretary Political Department Kerajaan Belanda Kunjungi UMI Karyawan UMI Ikuti Pendidikan Karakter Batas Waktu Peng-Update-an Profil Mahasiswa di SIMPADU Takhrij Thalabat Periode Ke-2 Tahun 2014 Digelar 2 Hari Rektor UMI Kunjungi Lokasi KKP di Galut

Program Studi

Program Diploma (D3)

1. Akademi Bahasa Asing
Akademi Bahasa Asing (ABA) YWUMI dengan program D-3 jurusan Bahasa Inggris didirikan pada tahun 1970, dengan visi menjadikan program studi Bahasa Inggris yang terkemuka di Kawasan Timur Indonesia yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, menguasai teknologi informasi, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Salah satu program unggulan ABA adalah Double Degree (Dua Gelar Akademik).

2. Kebidanan

Program Sarjana (S1)

1. Fakultas Agama Islam
Program Studi S-1 yang ditawarkan :
Ushuluddin (Tafsir Hadits), Syariah (Ahwal Al- Syakhshiyah & Muamalat), Tarbiyah (Pend. Agama Islam, Pend. Bahasa Arab, Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Dakwah (Komunikasi dan Penyiaran).

Fakultas Agama Islam didirikan tahun 1987. Fakultas ini lahir sebagai hasil penggabungan empat fakultas yang berkiblat ke Departemen Agama, yaitu Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah, dan Fakultas Dakwah. Penggabungan ini diharapkan mampu merevitalisasi fakultas Agama di UMI dalam menghasilkan out put untuk memenuhi kebutuhan global.
Pengembangan Fakultas Agama Islam diarahkan untuk mewujudkan profesionalisrne setiap jurusan, peningkatan paradigma berfikir Islami, dan terwujudnya interdependensi antar disiplin dalam pengkajian ilmu keislaman. Sehingga para alumni Fakultas Agama Islam diharapkan mampu berkarya di tengah tengah masyarakat, baik di bidang pemerintahan seperti Departemen Agama, Departemen Pendidikan Nasional, dan Departemen Kehakiman dan HAM, maupun di bidang swasta dan usaha mandiri.

2. Fakultas Ekonomi
Program Studi S-1 yang ditawarkan :
Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen dan Akuntansi.

Fakultas Ekonomi UMI didirikan pada tahun 1962. Dengan visi menjadi wahana dealam pengembangan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi yang yang berbasis syariah. Seiring dengan perkembangan zaman ilmu ekonomi tetap menjadi salah satu bidang studi yang banyak diminati, karena berhubungan dengan ilmu kemasyarakatan yang mempelajari usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan materialnya, dan luasnya bidang kegiatan manusia dalam masalah ekonomi melahirkan berbagai cabang ilmu ekonomi.
Fakultas Ekonomi UMI didukung sumberdaya manusia yang cukup memadai dengan jumlah dosen tetap yang memadai dengan kualifikasi Master (S-2), Doktor (S-3) dan Guru Besar (ProFesor), dan telah melahirkan kurang lebih 15.000 alumni yang telah tersebar dengan menempati posisi strategis, baik di birokrat, eksekutif, legeslatif, perusahaan dan usaha mandiri.

3. Fakultas Farmasi
Program Studi Jenjang S-1 yang ditawarkan :
Farmasi

Fakultas Farmasi didirikan pada tahun 2001, dengan visi menjadikan Fakultas Farmasi UMI sebagai lembaga pendidikan tinggi di bidang Farmasi yang handal dan Islami serta dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memperoleh ridha dari Allah SWT. Mahasiswa dan dosen Farmasi diharapkan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan menguasai dan memahami pendekatan metode, kaidah ilmiah di bidang farmasi disertai keterampilan penerapannya. Selain itu, juga berupaya memecahkan permasalahan di bidang farmasi melalui kegiatan penelitian berdasarkan kaidah ilmiah yang islami. Serta mengembangkan kinerja profesional di bidang farmasi dengan ketajaman analisis permasalahan, keserbacukupan tinjauan, dan kepaduan pemecahan masalah.

4. Fakultas Hukum
Program Studi S-1 yang ditawarkan :

Hukum (Ilmu Hukum)
Fakultas Hukum UMI didirikan tahun 1972. Dengan visi menjadikan lulusan Program Studi Ilmu Hukum yang handal dalam memecahkan problematika di bidang hukum dengan landasan Akhlaqulkarimah. Dalam perjalanannya telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, dan kepercayaan masyarakat makin baik, ini tercermin dari meningkatnya jumlah mahasiswa yang mendaftar pada setiap tahun, serta banyaknya para alumni yang bekerja di berbagai instansi pemerintah dan swasta. Saat ini telah memperoleh Akreditasi Unggulan “A”.

5. Fakultas Teknik Industri
Program Studi S-1 yang ditawarkan :
Teknik Industri, Teknik Kimia dan Teknik Pertambangan (Eksplorasi)

Fakultas Teknologi Industri didirikan pada tahun 1987. Dengan visi akan menjadi sebuah fakultas terkemuka di Kawasan Timur Indonesia, sebagai fakultas istimewa dimata mahasiswa, pesaing, pengguna dan publik dengan ciri khas inovasi, inisiatif dan kerjasama serta kemampuan untuk mengantisipasi dan menanggapi perubahan secara efektif untuk menciptakan peluang. Teknologi Industri adalah cabang teknologi yang merupakan perpaduan aspek-aspek teknik dan manajemen dalam suatu kegiatan industri, dengan mempelajari perencanaan, perancangan, pengoperasian dan pengawasan sistem terpadu yang terdiri dari manusia, peralatan dan bahan mentah.

6. Fakultas Kedokteran
Program Studi S-1 yang ditawarkan :
Ilmu Kedokteran (Pendidikan Dokter)

Fakultas Kedokteran UMI didirikan tahun 1992. Dengan visi akan menjadi Fakultas Kedokteran swasta terkemuka di Indonesia, yang mempunyai ciri kurikulum yang terpadu dan senantiasa inovatif, unggul dalam pemanfaatan informasi Kedokteran dan menjadi sumber utama lulusan dokter muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT. Masa studi Sarjana Kedokteran (S. Ked) dapat ditempuh selama 6 semester (3 tahun), dan ditambah 2 tahun untuk mencapai gelah dokter. Sudah banyak alumni (dokter) yang dihasilkan, mereka sudah bekerja di RS pemerintah, swasta dan praktek mandiri.

7. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Program Studi Jenjang yang ditawarkan :
Kesehatan Masyarakat (S-1), Keperawatan (S-1) dan Kebidanan (D-3)

Fakultas Kesehatan Masyarakat UMI didirikan pada tahun 2001, dengan visi menjadikan Fakultas Kesehatan Masyarakat UMI sebagai lembaga pendidikan Kesehatan Masyarakat terkemuka dan membanggakan di tingkat Nasional serta mendapat Ridha dari Allah SWT. Fakultas Kesehatan Masyarakat UMI merupakan pendidikan Ners dengan dua tahapan yaitu: mahasiswa dengan masa belajar 8 semester dan mendapat gelar S,Kep, yang kemudian dilanjutkan dengan dua semester pendidikan profesi dengan gelar Ners. Kedua tahapan ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

8. Fakultas Perikanan dan Pertanian
Program Studi S-1 yang ditawarkan :
Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Ilmu Kelautan

Fakultas Pertanian dan Ilmu Kelautan didirikan pada tahun 1987, dengan visi Menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebagai lembaga pendidikan dan dakwah yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang perikanan dan kelautan secara optimal dan berkelanjutan guna mewujudkan masyarakat yang berakhlak islami. Alumni yang dihasilkan diharapkan dapat menguasai teknik dan manajemen penangkapan ikan, pengolahan hasil perikanan dan perhitungan biaya pemeliharaan ikan yang ekonomis.

9. Fakultas Sastra
Program Studi S-1 yang ditawarkan :
Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Arab, Pendidikan Bahasa Inggris dan Ilmu Komunikasi

Fakultas Sastra dan Ilmu Komunikasi UMI didirikan pada tahun 1986, program studi ini erat hubungannya dengan masyarakat dan pengetahuan yang berkaitan dengan budaya, bahasa dan komunikasi. Dengan visi menjadikan luaran yang memiliki profesi lintas disiplin ilmu dan keahlian yang berdasarkan pada pendidikan, penelitian dan pengajaran bahasa dan sastra. Peluang kerja bagi lulusan Fakultas Sastra dan Ilmui Komunikasi terbuka lebar, seperti ; pegawai negeri dan swasta, tenaga pengajar, wartawan dan reporter media cetak dan elektronilk, penulis, sekretaris, seni peran, editor, penerjemah dan keparawisataan (pemandu wisata dan biro perjalanan), serta membuka usaha kursus, dll.

10. Fakultas Teknik
Fakultas Teknik UMI berdiri pada Tahun 1965. Dengan visi menjadikan Fakultas Teknik sebagai pusat pengembangan IPTEK dan menghasilkan sarjana teknik yang unggul dan profesional, Berilmu Amaliah, Beramal Ilmiah dan berakhalqulkarimah dalam upaya penegakan wacana keilmuan dan peningkatan IMTAQ. Melalui Fakultas Teknik UMI Mahasiswa diharapkan menjadi lulusan yang dapat diandalkan dilungkungan kerja dan kompetetif karena ilmu Teknikmerupakan disiplin ilmu yang menawarkan beragam kesempatan kerja yang menantang sekaligus menjanjikan.

11. Fakultas Ilmu Komputer
Program Studi S-1 yang ditawarkan :
Teknik Informatika.

Fakultas Ilmu Komputer didirikan pada tahun 1999. Dengan visi unggul dalam pengembangan teknologi informasi dan komputer yang berwawasan islami di kawasan timur indonesia.

Program Magister (S2)

  1. Pengkajian Islam
  2. Manajemen
  3. Akuntansi
  4. Ilmu Hukum
  5. Manajemen Pesisir
  6. Ilmu Ekonomi
  7. Teknik Kimia
  8. Agriteknologi
  9. Teknik

Program Doktor (S3)

  1. Ilmu Manajemen
  2. Ilmu Hukum

E-Campus

SIMPADU

Sistem Informasi Manajemen & Akademik Terpadu

Knowledge Management Center

Library & E-Learning

Web Mail

Layanan E-Mail Mahasiswa Dosen & Pegawai

Social Blogging

Blogging platform dengan Wordpress dan forum diskusi