Tim Penjaminan Mutu Kemendikbud RI Lakukan Supervisi dan Bimbingan EMI

Tim dari Penjaminan Mutu Kemendikbud RI dipimpin Syaiful Bahri melakukan Supervisi dan Bimbingan Teknis Instrumen Evaluasi Mutu Internal (EMI) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), di ruang Senat Kampus II UMI Jl. Urip Sumoharjo makassar, Kamis 16 Mei 2013.

Ketua Lembaga Penjaminan  Mutu UMI Dr. Ir. Abd. Karim Hadi, MSc mengatakan kegiatan ini merupakan sosialisasi dan penjelasan cara pengisian instrumen Evaluasi Mutu Internal (EMI) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

“Karena EMI ini merupakan instrument baru dalam sistem penjaminan mutu, sehingga perlu diketahui bagaimana mengisi dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Bimbingan teknis ini diikuti 50 peserta terdiri dari para Wakil Dekan I dan Ketua Program Studi dalam lingkup UMI, dan akan berlangsung selama dua hari.

Rektor UMI diwakili Wakil Rektor I Prof Dr H Syahnur Said, MS mengatakan, kegiatan ini sangat penting dalam upaya penjaminan mutu UMI ke depan, Evaluasi Mutu Internal     (EMI) ini merupakan instrumen baru dalam sistem penjaminan mutu, sehingga dalam pengisian perlu bimbingan. Untuk itu para peserta diharapkan dapat mengisi dengan jujur, sesuai kondisi  dan kenyataan di masing-masing program studi, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan dan pengembangan program studi kedepan.

Syaiful Bahri mengatakan, Evaluasi Mutu Internal (EMI) merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di perguruan tinggi oleh perguruan tinggi, untuk mengawasi penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi sendiri secara berkelanjutan.

“Jadi EMI akan melihat kinerja internal masing-masing program studi, kalau EMI ini dilakukan dengan baik, maka nilai akreditasi program studi tidak akan turun, karena akan terus dievaluasi secara rutin setiap semester,” jelasnya.

Akreditasi dan evaluasi dua kegiatan yang saling mendukung, sehingga diperlukan upaya bersama untuk saling mendekatkan antara evaluasi dengan akreditasi.

(Humas UMI)

Previous FOSA UMI Gelar FLC
Next Mahasiswa UMI Gelar English Meeting

You might also like

Workshop Penulisan Karya Ilmiah LP2S UMI

Lembaga Penelitian dan Pengadian UMI (LP2S) melaksanakan workshop peningkatan penelitian penulisan karya ilmiah dan metode penelitian tingkat elementary berlangsung di Hotel Singgasana, baru-baru ini. Ketua LP2S UMI Prof.Dr.H.Ma’ruf Hafiz, SH,

Kajian Hadis ‘Boleh Tidaknya Makan-minum di Rumah Orang yang Meninggal’

Kajian Hadis tentang boleh tidaknya makan-minum di rumah orang yang meninggal berlangsung di masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI Jl. Urip Sumiharjo Km.05 Makassar (19/1). Hadir Wakil Rektor 5

UMI Adakan Raker Bidang Kemahasiswaan

Pembinaan mahasiswa UMI dalam upaya mempersiapkan sumber daya yang berkompeten, profesional sesuai bidang keilmuwannya sebagaimana  visi dan misi UMI yang senantiasa mengedepankan program unggulan UMI sebagai kampus Islami, hal ini