Latihan Kepemimpinan Islam berlangsung di SMA 5 Makassar (16/2), diikuti 150 siswa-siswi SMA5 Makassar. Pemateri Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA. Hadir pula sejumlah guru pembina keagamaan SMA 5 Makassar.

Ustaz M.Ishaq Shamad menyatakan kepemimpinan Islam harus merujuk pada pola kepemimpinan Nabi Muhammad Saw, diantaranya dengan memiliki karakter STAF (Shiddiq, Tablig, Amanah dan Fathanah). Shiddiq artinya jujur, dapat dipercaya, seorang pemimpin hendaknya memiliki kejujuran yang tinggi. Nabi Muhammad Saw sendiri diakui dengan gelar al-Amin (terpercaya). Selain itu pemimpin Islam hendaknya memiliki karakter Tablig, yakni senantiasa menyampaikan dan mengajak kepada kebenaran. Bahkan jika melihat kemungkaran, hendaklah dirubah kemungkaran itu dengan tangannya/kekuasaan atau melalu teguran/lisan, atau dengan hati.

Dikatakan pula pemimpin Islam harus Amanah, yakni bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan pekerjaan yang diamanahkan padanya. Selanjutnya Fathanah, yakni cerdas.

“Orang cerdas bukanlah mampu memiliki nilai yang tertinggi, tetapi cerdas adalah mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk meraih sesuatu yang diinginkan,” tegasnya.

Selain materi peserta juga diajak mengenal karakter pemimpin yang hebat, diantaranya beriman, bertaqwa, rajin, ulet, banyak berbuat kebaikan, suka bermusyawarah, dan sebagainya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!