2 Desa Sejahtera Mandiri Kerjasama UMI – Kemensos RI Diresmikan Mensos Khofifah Indar Parawansa

UMI Makassar – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meresmikan 2 Desa Sejahtera Mandiri (DSM) di Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni Desa Sanrobone, Kabupaten Takalar dan Desa Lonrong, Kabupaten Takalar.

Peresmian keduanya dilakukan di Desa Sanrobone, Kabupaten Takalar oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, kerjasama dengan Universitas Muslim Indonesia, Selasa (1/8) yang dirangkai dengan Pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap III.

Khofifah menyebutkan partisipasi aktif Perguruan Tinggi akan semakin mempercepat berdirinya DSM yang ditargetkan dapat mencapai 5 ribu desa. Bentuk kerjasama dengan PT yakni memberdayakan sumber daya mahasiswa KKN di Desa.

“Target Desa Mandiri tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RJPMN),” ungkap Khofifah.

Dikatakan, desa yang menjadi percontohan DSM nantinya diharapkan akan terpenuhi berbagai kebutuhan dasarnya termasuk perlindungan sosialnya, misalnya menerima program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu), Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Desa Sejahtera Mandiri yang digagas oleh Kementerian Sosial ini bekerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Khusus untuk Sulsel, DSM telah melibatkan Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Muslim Indonesia (UMI).

(Humas UMI)

Previous Mahasiswa FKM UMI Ikut Aksi Kemanusiaan HBC Ballata Makassar
Next Mahasiswi FTI UMI Pukau Dewan Hakim MTQ saat Presentasikan Kandungan Alquran dan Energi Terbarukan

You might also like

Dosen Pengabdi Masyarakat Desa Kembali Masuk Kampus

Tak terasa, 35 dosen tetap Yayasan Wakaf UMI yang baru melaksanakan pengabdian masyarakat dan dakwah di desa binaan UMI kabupaten Takalar dan kabupaten Gowa telah mengakhiri masa  pengabdian selama 40

CAMABA ‘Bebas Tes’ UMI Wajib Hadiri Ujian Tertulis

UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur bebas tes. Jalur bebas test ini terbuka untuk seluruh program studi, kecuali Fakultas Kedokteran dan Kedokteran

St. Patimah Raih Cumlaude dan Pujian pada Ujian Disertasinya

UMI Makassar – Deretan dosen UMI yang bergelar Doktor (S3) bertambah lagi, salah seorang dosen yayasan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) berhasil mempertahankan disertasinya dan meraih cumlaude dengan nilai 3,97. Tidak hanya itu,