Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia(UMI) kembali menunjukan kualitas. Terbaru, kelompok mahasiswa UMI berhasil meloloskan 23 judul proposal dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang tahun 2020.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Lolosnya 23 judul proposal penelitian kelompok mahasiswa UMI pada PKM 2020 ini tertuang dalam lampiran Rekapitulasi Peraih Pendanaan PKM 5 Bidang Tahun 2020 bernomor 1686 /E2/TU/2020 yang ditandatangani oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. drh. Aris Junaid, Ph.D, Kamis (5/8/2020).

Dalam lampiran PKM 5 Bidang, Kemendikbud RI ini mencatat, delegasi UMI meloloskan 2 proposal untuk kategori PKMK, 5 PKMKC, 3 PKMM, 8 PKMPE, dan 1 PKMPSH, serta 4 untuk kategori PKMT. Sehingga, total menjadi 23 proposal penelitian.

Dari keseluruhan proposal tersebut, delegasi UMI berhasil meraih dana bantuan senilai Rp 113.000.000. UMI merupakan salah satu yang meloloskan proposal PKM terbanyak di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDiikti) Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo.

Ke23 Proposal kelompok mahasiswa UMI ini sukses melewati proses seleksi proposal yang dilakukan dalam satu tahap, dimana meliputi penilaian pada kepatuhan, kesesuaian penulisan, dan administrasi yang disyaratkan pada Pedoman PKM 2020. Syarat-syarat ini sangat menekankan pada kreativitas, kualitas, dan validitas isi sesuai jenis PKM yang diusulkan.

Diketahui, program PKM ini merupakan salah satu upaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif, serta inovatif mahasiswa sejak tahun 2011.

Setiap tahunnya, PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan.

(HUMAS)