Makassar, umi.ac.id – Pagelaran The Second International bertajuk ‘On Halal Issue Policy and Sustainabilty’ telah berakhir setelah berlangsung selama tiga hari pada Jumat (27/11/2020) hingga Minggu (29/11/2020).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Launching Jusuf Kalla Research Centre for Bugis Makassar Culture ini diikuti tiga belas Negara yang masing masing menghadirkan pembicara (Keynote Speaker), serta 300 paper dari 76 perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri.

Dalam kesempatan itu, mantan Wapres RI Jusuf Kalla menjelaskan banyak hal, khususnya soal pendidikan dan kebudayaan. Bugis Makassar, kata JK, itu adalah sebuah fakta sejarah yang mengakar lama dengan kultur dan subkultur.

“Saya berbicara sejarah dan bukan hanya menikmati sejarah.Banyak orang yang hanya memikirkan dan menikmati sejarah dan lupa bagaimana menata masa depan. Sejarah itu memberikan kita contoh untuk masa depan,” ungkap Jusuf Kalla.

Sementara itu, Rektor UMI, Prof Dr. H Basri Modding dalam sambutannya mengungkapkan, pagelaran internasional konfrens ditargetkan mampu mendorong dosen UMI khususnya, menerbitkan semakin banyak penelitian jurnal internasional yang terindeks scopus, serta lahirnya Collaboratif Research antara peneliti di UMI dengan peneliti dari perguruan tinggi di dalam dan luar negeri.

“Kita target semua Fakultas harus ada dosennya yang berhasil menerbitkan jurnal internasional terindeks scopus di Indeks of Publishing (IOP). Ini juga menantang para dosen untuk menguji kemampuan produktifitas mencipta karya ilmiah,” kata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI ini.

Selama proses pelaksanaan internasional konfrens, para peserta difasilitasi dengan kehadiran pembicara pada Plennary Section, kemudian dibagi menjadi sejumlah group yang diisi oleh para persenter yang mempersentasikan papernya dalam breakroom yang berbeda-beda.

Sementara itu. Ketua Panitia Prof. Dr Ir. Hatta Fattah,MS yang didampingi sekretaris Panitia Dr, HM Ishaq Shamad, MA. menyampaikan bahwa suatu keberhasilan pencapaian Konferensi ini, selain sukses penyelenggaraan, UMI juga sukses menyertakan 180 paper yang dipresentasikan oleh Dosen UMI. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi panitia, jelas Wakil Rektor V UMI ini.

Selanjutnya disampaikan tantangan ke depan untuk menjadikan paper dosen tersebut dapat dipublikasikan pada jurnal terindeks Scopus, serta lahirnya kolaborarif researh diantara dosen UMI dan dosen perguruan tinggi lainnya, di dalam dan luar negeri, harapnya.

Berikut daftar The Best Presenters pada Konfrensi Internasional UMI yang berlangsung selama tiga hari:

Jumat 27 November 2020

  1. Yusma Indah Jayadi
  2. dr. Nesyana, M.Gizi
  3. Muammar Fawwaz
  4. Zeelfia, SIP, MM, M.Sos, I
  5. Tri Hidayati, MH
  6. Achmad Romsan
  7. Siti Nurul Fatimah Tarimana, M.H.
  8. Zulfitriani Murfat
  9. Nanik Retnowati
  10. Wa Ode Sri Asnaniar
  11. Dr. Syamsu Alam, SE.,M.Si.,Ak.,CA
  12. Hj. Librilianti Kurnia Yuki, S.Pd.,M.Pd.
  13. Dr. Eng. Ir. Irma Nur Afiah, ST, MT, IPM, ASEAN Eng.

Sabtu, 28 November 2020

  1. Yani Sodiqah
  2. Hasta Handayani Idrus
  3. Dr Helwiah Umniyati drg., MPH
  4. Huzain Azis
  5. Sinta Ratna Dewi
  6. Arina Fathiyyah Arifin
  7. Apt. Masdiana Tahir, S. Farm., M.Si.
  8. Aprili Yanti, S.Pd, M.Hum
  9. Nurliani
  10. Nurfardiansyah Burhanuddin

Minggu, 28 November 2020

  1. Hanna Ambaras Khan
  2. Aprili Yanti, S.Pd, M.Hum
  3. Surti Wardani, S. Sos., M.Si
  4. Rasyidah Mappanganro, S.Pt., M.Si
  5. Sinta Ratna Dewi
  6. Dr. Ir. Ilmiah, M.Si

(HUMAS)