304 Calon Jemaah Haji Kab. Pangkep Diberi Bimbingan Mental & Spiritual di Pesantren Darul Mukhlishin UMI

UMI Makassar – Bupati Pangkep H. Syamsuddin A. Hamid membuka Bimbingan Mental dan Spritual bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Kab. Pangkep, kerjasama Pemkab. Pangkep, Kemenag Pangkep dan Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin UMI Padanglampe, diikuti 304 CJH yang tergabung dalam kloter 30 dan 31, Jumat 4 Agustus 2017 di Masjid Baiturrahman, Padanglampe Pangkep.

Bimbingan tersebut dirangkaikan dengan pelepasan CJH Pangkep, disaksikan Wakil Bupati Syahban Sammana, Ketua DPRD Andi Ilham Zainuddin dan SKPD se Kab. Pangkep, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sulawesi Selatan, Kakamenag Kab. Pangkep dan direktur, para direktur serta dosen Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin UMI Padanglampe Pangkep.

Bupati Pangkep H. Syamsuddin A. Hamid dalam sambutannya menyatakan, kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kab. Pangkep dengan melibatkan Pesantren UMI Padanglampe. Ini sangat diperlukan dalam membimbing mental dan semangat, agar CJH kuat mental dalam menghadapi kondisi selama berada di Arab Saudi.

Lanjut dikatakan, kegiatan ini dapat menambah ilmu bagi CJH, sehingga tidak terulang lagi peristiwa yang lalu-lalu ada jamaah asal Pangkep yang membawa jimat-jimat, dan melakukan pelanggaran ibadah, seperti menggunting kiswah Ka’bah, dan yang penting adalah saling mengenal dan menjaga kebersamaan sesama warga dari Kab. Pangkep.

“Ini adalah tanggung jawab pemerintah untuk seluruh masyarakat Kab. Pangkep”, tegas Syamsuddin.

Semoga CJH Kab. Pangkep menjadi satu keluarga besar, saling membantu dengan lainnya selama di Arab Saudi dan pulang menjadi haji mabrur dan semakin meningkat ibadahnya. Kepada seluruh CJH agar mendoakan daerah dan Pemerintah Kab. Pangkep serta seluruh warga Kab. Pangkep agar menjadi kabupaten yang makmur, pinta Bupati Pangkep dua periode.

Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sulawesi Selatan Drs. H.Abd. Wahid Tahir., M.Ag menyatakan kegiatan ini sangat sesuai dengan visi dan misi Kementrian Agama dalam upaya memberikan pembekalan mental dan spritual kepada seluruh calon jamaah haji, khususnya di Kab. Pangkep dilaksanakan di pesantren UMI Padanglampe.

“Sungguh ini sangat membanggakan karena calon jamaah haji dipesantrenkan secara khusus dan akan menjadi nilai tambah bagi mereka dalam melaksanakan ibadahnya,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Pesantren Mahasiswa UMI Darul Mukhlisin Padanglampe, K. H. M. Zain Irwanto, M.Ag menyatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan mental, spritual bagi CJH Kab. Pangkep. Bimbingan mental dan spritual bagi calon jamaah haji Kab. Pangkep di pesantren ini, atas ide Bupati Pangkep yang menginginkan masyarakatnya semakin religius dan lebih memahami ajaran agamanya dengan benar.

Selama berada dipesantren UMI dua hari (4-5/8), para CJH Pangkep akan menerima materi, antara lain “Regulasi dan Kebijakan Pemerintah dalam Perhajian Tahun 2017” oleh Kakanwil Kemenag Sulsel Drs. H. Abd. Wahid Tahir, M.Ag. “Makna Doa dalam Pelaksanaan Ibadah Haji” oleh Direktur Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin UMI Padanglampe K. H. M. Zain Irwanto, M.Ag dan Dr. H. Jamaruddin, M.Ag Kepala Kemenag Kab. Pangkep dengan materi “Persiapan Mental dan Tahapannya”.

Disamping itu, para CJH juga akan mengikuti shalat berjamaah dan zikir, sehingga dari awal mereka sudah dibiasakan dengan disiplin dalam melaksanakan ibadah, jelas Sekretaris Panitia Lokal dari Pesantren, Akhmad Bazith, Lc., M.Ag.

(Humas UMI)

Previous Mahasiswa UMI Raih 2 Juara di MTQMN XV 2017
Next Jelang Pimnas, UMI Mantapkan Persiapan Sebagai Tuan Rumah

You might also like

ASMI Balikpapan Jadikan Manajemen UMI Percontohan

UMI Makassar – Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar bakal jadi percontohan bagi Akademi Sekretaris dan Manajemen Airlangga, Balikpapan, Kalimantan Timur. Hal tersebut mengemuka saat Rektor

Sambut Ramadhan, Civitas Akademika UMI Gelar Zikir

UMI Makassar – Sivitas akademika UMI melaksanakan Zikir Akbar menyambut bulan Ramadhan 1436 H dipusatkan di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (1/6). Hadir Ketua Yayasan Wakaf UMI H.M.Mokhtar

Rektor UMI Buka Munas ke III APAISI

UMI Makassar – Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA didampingi Ketua Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia (APAISI) Prof. Dr. H. Masykuri Bakri, MSi dan