UMI Makassar – Enam rektor dari berbagai perguruan tinggi di Makassar berbagi inspirasi di hari Kartini dengan menjadi pembicara dalam acara Talkshow “Inspirasi Bu’ Rektor” yang digelar Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muslim Indonesia (UMI), Senin (21/4) di Auditorium Al Jibra UMI.

Ke enam rektor tersebut Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, Rektor Unhas terpilih Prof. Dr. Dwia Aries Tina, Rektor UIM Dr. Majdah M. Zain, Rektor UVRI Dr. Niniek F. Lantara, Rektor Universitas Pebabri Dr. Apiaty Kamaluddin Amin Syam dan Rektor Universitas Sawerigading Prof. Dr. A. Siti Melantik Rompegading.

“Hari ini kaum perempuan bisa menikmati pendidikan, jika tidak demikian, rektor wanita pun tidak akan ada. Pendidikan juga menjadi penting bahkan selalu ditekankan oleh Rasulullah,” ujar Prof Masrurah.

Ditambahkan pula bahwa peringatan hari Kartini merupakan suatu momentum yang penting bagi seorang perempuan. Pasalnya, berkat perjuangan Raden Ajeng Kartini, kaum perempuan saat ini dapat menikmati pendidikan.

Hasil perjuangan R.A. Kartini juga disampaikan Rektor UIM Dr Majdah M Zain. Menurutnya, pendidikan kini bukan lagi milik kaum priyayi, bahkan seluruh warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan penghidupan yang layak termasuk perempuan.

“Tidak ada seorang pun yang dapat mengubah nasibnya jika bukan dirinya sendiri yang berusaha. Perempuan dan kaum ibu mampu mencari solusi atas berbagai permasalahan kehidupan,” tambahnya.

(Humas UMI)