Sebanyak 80 Perguruan Tinggi Negeri dan swasta Indonesia akan hadir di Kampus Universitas Muslim Indonesia tanggal 26 s.d 29 April 2019, hal ini disampaikan Wakil Rektor III UMI Prof. Dr. H. La Ode Husen, SH.,MH, didampingi Astor III Ir. Mukti Maruddin, MT. saat ditemui Menara UMI (24/4).
Guru Besar Fakultas Hukum UMI ini mengatakan bahwa ON MIPA Tahun 2019 yang merupakan program Kemenristekdikti kembali di serahkan ke UMI sebagai tuan rumah. Tentunya ini kepercayaan yang insya Allah kami bertekad untuk kembali menorehkan tinta emas dalam sejarah akan kesuksesan acara tersebut sebagaimana beberapa even sebelumnya yang dipercayakan kepada UMI sebagai tuan rumah dan tentu untuk mencapai hal tersebut dukungan seluruh civitas akademika UMI dan Masyarakat Sulawesi Selatan.
ON MIPA yang merupakan singkatan Olympiade Nasional Matematika dan IPA ( Fisika, Kimia dan Biologi) yang ke-11 Tahun 2019 ini akan diikuti sebanyak 256 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang akan berkompetisi di ajang ini. Program ini merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.
Mengutip kembali pernyataan Direktur Kemahasisswan Kemenristekdikti, Dr. Didin Wahidin saat kunjungan ke UMI tanggal 23 Maret 2019 mengatakan, ini kesekian kalinya UMI menjadi partner kami. Kami hadir untuk melakukan Check n Ricek tentang kesiapan UMI, walaupun kami yakin UMI sudah sangat siap melaksanakan ON-MIPA.
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat juga diperoleh masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA serta ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau matakuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat. Gairah bidang MIPA harus ditingkatkan, sehingga kita jangan hanya menjadi pendownload ilmu pengetahuan atau ilmu-ilmu dasar, namun dapat menciptakan hal tersebut, tegas Didin Wahidin.

(HUMAS)