UMI Makassar – Kembali dereten doktor Universitas Muslim Indonesia bertambah. Salah seorang dosen Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra UMI Muhammad Yunus raih gelar doktor di Universitas Negeri Makassar (UNM) (7/2) di aula PPs UNM.

Alumni Fakultas Sastra UMI ini berhasil mempertahankan judul disertasi ‘Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Tugas Untuk Mahasiswa EFL Indonesia’ didepan penguji yang dipimpin Direktur PPs UNM Prof Dr Jasruddin M.Si.

Yunus menjelaskan tujuan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar materi bacaan serta buku kerja mahasiswa yang berbasis tugas yang cocok digunakan dalam pengajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami buku-buku teks yang berbahasa Inggris kemudian untuk mengeksplorasi efektivitas bahan ajar yang telah dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bahasa Inggris dan untuk melihat seperti apa respon mahasiswa dan dosen terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan dan diimplementasikan di dalam kelas.

Hasil penelitian dengan angket 25 mahasiswa sebagai sampel dari jumlah 200 mahasiswa di Akademi Bahasa Asing YW-UMI menunjukkan bahwa buku ajar Reading yang dikembangkan cocok untuk digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris untuk mahasiswa EFL Indonesia kemudian bahan ajar tersebut efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan memahami teks bacaan bahasa Inggris dan bahan ajar tersebut mendapat respon positif baik dari kalangan dosen dan mahasiswa dan berimplikasi terhadap kemajuan mahasiswa secara signifikan setelah bahan ajar diajarkan beberapa kali pertemuan.

“Bahan ajar membaca berbasis tugas yang dikembangkan direkomendasikan untuk digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah Reading Comprehension untuk mahasiswa EFL Indonesia khususnya mahasiswa ABA YW-UMI,” ujar Yunus yang juga seorang muballigh ini.

Hadir rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA, Dekan Fakultas Sastra UMI Dra Hj Muli Umiaty Noer, M.Hum, dan civitas akademika Fakultas Sastra UMI.

(Humas UMI)