Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya (LP2S) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kini naik peringkat berdasarkan evaluasi yang dilakukan Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) kepada seluruh lembaga penelitian perguruan tinggi se Indonesia.

LP2S UMI berhasil masuk dalam kelompok utama yang sebelumnya hanya masuk dalam kelompok Madya, dimana kinerja penelitian lembaga Penelitian Perguruan Tinggi terbagi dalam empat kelompok yakni Kelompok Mandiri, Utama, Madya dan Binaan.

“Ini adalah sebuah prestasi dan merupakan hasil kerja keras seluruh pihak yang terkait yakni para peneliti di UMI, pimpinan universitas serta dukungan dari Yayasan Wakaf UMI,” ujar Ketua LP2S UMI, Prof Ma’ruf Hafidz dalam acara syukuran di Menara UMI, Selasa (24/6).

LP2S UMI berada satu kelompok dengan 36 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Bahkan, peringkat UMI berada di atas sejumlah perguruan tinggi negeri seperti Universitas Sumatera Utara, Universitas Mulawardan dan Universitas Negeri Jakarta.

Prof Ma’ruf menjelaskan beberapa komponen penialian kinerja penelitan yang dilakukan lembaga penelitian antara lain Luaran Penelitian dengan porsi 50 persen, Sumber Daya Manusia dengan porsi 30 persen, manajemen penelitian dengan porsi 15 persen dan Revenue Generating sebanyak lima persen.

“Saya yakin untuk masuk dalam kelompok Mandiri, UMI bisa melakukan hal tersebut karena para peneliti di UMI saat ini sangat bersemangat dalam melakukan penelitian-penelitian. Seluruh penelitian yang diajukan dan mendapatkan hibah penelitian pun dijalankan dengan baik,”tambahnya.

Menanggapi prestasi yang ditorehkan LP2S UMI, Rektor UMI Prof Dr Masrurah Mokhtar MA juga mengapresiasi hal tersebut sebagai sebuah kebanggaan di usia UMI yang kini menginjang 60 tahun.

“Ini adalah prestasi dari Pimpinan LP2S yang didukung oleh kerjasama seluruh pihak. Saya berharap prestasi ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. Penelitian adalah salah satu ruh dari tri darma perguruan tinggi, semoga hal ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh peneliti ini UMI,” ungkapnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!