Alhamdulillah, demikian diucapkan Ketua Asosiasi Linguistik Terapan Indonesia Komisariat Universitas Muslim Indonesia, Dr. Rusdiah, M.Hum.,  sesaat setelah MC menyebutkan sebagai The Most Active  Member  ALTI dan Participant  CONAPLIN  dari 2008-2019 pada acara penutupan  The Twelfth Conference on Applied Linguistics ( CONAPLIN12), pada tanggal 2 Oktober 2019 di Hotel Grand Tjokro Bandung. Pemberian award diberikan oleh Ketua ALTI Pusat,  Eri Kurniawan, Ph.D.

Penghargaan yang diterima sesuatu yang tak terduga sebelumnya, seperti biasa sebagai Ketua ALTI UMI kami ikut berperan aktif  bersama pengurus dan anggota mengikuti rangkaian kegiatan dan intens komunikasi dengan teman-teman untuk dapat menulis dan mempublikasikan ke journal internasional termasuk melalui Conaplin yang merupakan agenda tahunan Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan ALTI Pusat.

Dosen Fakultas Sastra UMI ini juga menambahkan bahwa selain mendapat penghargaan sebagai The Most Active Participant di Conaplin 2008-2019  dan  keaktifan ALTI cabang UMI  juga menerima penghargaan atas nama  Dekan Fakultas Sastra UMI tergabung dgn ALTI UMI,

Harapan ke depan, semakin menambah jumlah tulisan yang terpublish, dan ALTI cabang  UMI bersama anggota ALTI PTN/PTS SE Sulsel lebih aktif dan kompak, ujar Rusdiah yang juga alumni Fakultas Sastra UMI ini.

Seperti diketahui, Lima orang Dosen Fakultas Sastra UMI, Dr. Hariratul Jannah, M.Hum., Drs. Nur Wakka, MA, Dr. Rusdiah, M.Hum., Dr. Nur Taqwa Amin, M. Hum., dan Dr. Hj. Nurjannah Abna,M.Pd,   presentasi paper di The Twelfth Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 12) dengan tema Applied Linguistics and Industrial Revolution 4.0: Reviewing Policy, Expanding Research, Enriching Practice, yang berlangsung tanggal 1-2 Oktober 2019 di Hotel Grand Tjokro Bandung.

Sementara itu  Nurjannah Abna yang juga Kepala Humas UMI ini disela-sela Konferensi yang dirangkaikan dengan Kongres ALTI menyampaikan bahwa kegiatan yang diikuti peserta dari dalam dan luar negeri ini mencakup berbagai topik yang berhubungan dengan lingusitik terapan, termasuk bahasa dalam penilaian dan perkembangan pendidikan dan penerapan teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa di era revolusi industri 4.0.

(HUMAS)