Makassar, umi.ac.id – “The Association of Medical Doctor of Asia (AMDA) Indonesia dan Asian Medical Students Association (AMSA) UMI Kirim Relawan untuk Menyalurkan Bantuan dan Buka Posko Kesehatan untuk Korban Banjir Masamba”

Bencana banjir bandang yang menerjang Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan mengakibatkan banyak warga mengalami kehilangan tempat tinggal serta akses jalan dan memakan korban jiwa. Data sementara menunjukkan bahwa puluhan orang dinyatakan hilang. Banyak warga yang harus mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Oleh karena dampak banjir dan banyaknya korban maka sebagai Dewan Pengarah Organisasi AMSA-UMI sekaligus sebagai Presiden AMDA Indonesia, Prof. Husni Tanra Ph.D, Sp. An, KIC-KMN dan Prof dr. H. Syarifuddin Wahid, Ph.D Sp.PA (K), Sp. F, DFM selaku Dewan Pengarah Organisasi AMSA-UMI sekaligus sekretaris AMDA Indonesia sebagai Penanggung Jawab Tim bersama dewan pembina AMSA UMI Dr. dr . H. Nasruddin A. Mappaware, Sp.OG (K) sebagai dewan pengarah, bekerja sama untuk mengerahkan tim relawan yang terdiri atas 5 orang Tim Dokter, dan 5 orang Mahasiswa sebagai Relawan AMSA-UMI dan AMDA.

Relawan berangkat dari Makassar pada jumat sore (17/07) dan dilakukan pengarahan dan pelepasan oleh Prof dr. H. Syarifuddin Wahid, Ph.D Sp.PA (K), Sp. F, DFM selaku Dewan Pengarah AMSA-UMI sekaligus Dekan FK UMI, Dewan Pembina AMSA-UMI sekaligus Wakil Dekan I FK-UMI Dr. dr . H. Nasruddin A. Mappaware, Sp.OG (K) dan Wakil Dekan III dr. Syamsu Rijal, M. Kes, Sp. PA di Fakultas Kedokteran UMI.’

Sabtu 18/07 Relawan AMDA dan AMSA-UMI tiba di lokasi dan diterima oleh Sekda Luwu Utara Bpk.Ir Armiady, kepala BPBD Luwu Timur, Drs.Muslim Muhtar,M.Si dan Kadinkes DP2KB Luwu Utara serta drg. Marhani Katma,MARS. Bantuan yang diberikan berupa bantuan donasi, bantuan logistik, obat obatan dan APD yang dibutuhkan oleh korban bencana serta dilakukan Pelayanan kesehatan di 2 Posko yaitu Posko Bencana Banjir Gedung DPRD Luwu Utara dan di Desa Kamiri, Kecamatan Masamba, Luwu Utara.

Berikut Relawan yang terlibat :

  1. dr. Achmad Harun Muchsin, Sp. N
  2. dr. Armanto M, M.Kes
  3. dr. Andi Masdipa
  4. dr. Khusnul Yaqien
  5. dr. Pramuliansyah Haq
  6. Tim AMSA-UMI
  7. Nabila Fajrin Budiman
  8. Adela Ainiyyah Calista Rahmat
  9. Hafifah Suci Mas’a
  10. Ahmad Fitrah Ramadhan Nur
  11. Muh. Syahidul Haq

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir bandang dan longsor di Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

(HUMAS)