Makassar, umi.ac.id – Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internal melalui Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UMI yang diketuai oleh Dr. Ir. Andi Asni, MP. Anggota Dr. Ir. Muhammad Jamal, M.Si. dan Dr. Ir. Hamsiah, M.Si.

Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari program Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bertema “PKM Kelompok Pengolah Hasil Perikanan Di Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, Minggu, 30 Agustus 2020. Mengingat kondisi Pandemi Covid-19 masih berlangsung maka kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dr. Ir. Andi Asni, MP. yang merupakan Ketua PkM tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan Penyuluhan dan pelatihan mengenai teknologi pengolahan ikan yaitu pembuatan “Sambosa Ikan”. Sambosa ikan merupakan salah satu bentuk diversifikasi olahan ikan dengan cara pembuatannya sederhana dan mudah dilakukan serta digemari masyarakat karena rasanya gurih, enak, bergizi, sehat dan dapat disajikan dengan praktis.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kapasitas kelompok, kesadaran, serta memotivasi masyarakat khususnya anggota kelompok Juluatiah dalam mengolah ikan.

Pemberdayaan kelompok Juluatiah, Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, sangat tepat karena Desa ujung Baji merupakan wilayah pesisir dan memiliki potensi sumberdaya perikanan sehingga bahan baku selalu tersedia.

Dengan melakukan pengolahan ikan dapat meningkatkan jangkauan pemasaran dan dapat menciptakan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat, sehingga diharapakan manfaat kegiatan dapat menjadi bakal usaha dan dapat menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan rumahtangga nelayan, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Ir. Hamsiah, M.Si. mengatakan bahwa untuk meningkatkan penjualan dibutuhkan Produk Sambosa Ikan perlu diperhatikan teknik pemasaran dengan baik, yaitu dapat dilakukan dengan cara langsung dan maupun melalui online (Whatshap, FB, IG), tutupnya.

(HUMAS)