UMI Makassar – Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar Penyuluhan Rumah Sehat di Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sabtu 28 November 2015.

Penyuluhan Rumah Sehat disambut antusias oleh masyarakat di Kel. Untia, dipusatkan di Pondok Informasi Kelurahan Untia dan dibuka Lurah Untia Patiroi,SH.MH. dan dihadiri masyarakat.

Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) Fakultas Teknik UMI Hidayat Syarifuddin mengatakan, kehadiran mahasiswa arsitektur Fak. Teknik UMI untuk  memperkenalkan kepada masyarakat, khususnya yang berada di Kel. Untia, tentang arsitektur peduli lingkungan, karena umumnya masyarakat di Kel. Untia memiliki rumah panggung dari kayu. Dari sisi arsitek lingkungan, ungkap Hidayat justru rumah kayu lebih efektif dan angel arsitektur tradisonalnya lebih dapat jika dibanding dengan rumah batu, sehingga penyuluhan fokus dari aspek lingkungan, seperti bukaan, pasade, taman. Berbagai kegiatan yang dirangkaiakan pada kegiatan penyuluhan rumah sehat, yaitu pengajian dan pengadaan perpustakaan mini.

Dr. Ir. Naidah Naing Ketua Prodi Arsitektur Fak. Teknik UMI, bertindak sebagai narasumber pada kegiatan penyuluhan rumah sehat mengatakan, masyarakat yang bermukim di Kel. Untia harus bangga memiliki rumah panggung, karena lingkungan di Untia memiliki ciri khas yang tidak dimiliki kelurahan lain di Makassar, yaitu rumah panggung yang merupakan rumah tradisional Bugis Makassar.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!