Makassar, umi.ac.id – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menyambut tim asesor akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Makassar, 31 Agustus – 01 September 2020.

Tim visitasi asesor BAN PT kali ini Dr. Mohammad Ainim, M.Pd. dan Dr. Asaril Muhajir, M.Ag. Mereka akan melakukan asesmen lapangan Prodi Pendidikan Bahasa Arab secara daring.

Dr. Mohammad Ainin, M.Pd. merupakan dosen pada Universitas Negeri Malang sedangkan Dr. Asaril Muhajir, M.Ag. adalah dosen IAIN Tulungagung.

Dalam kesempatan tersebut, terpantau hadir dari Rektor UMI diwakili Wakil Rektor 1 bidang Akademik UMI Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT.,IPM, Ketua LPM UMI Prof. Dr. Ir. H. Abdul Makhsud, DEA., Dekan FAI UMI Dr. H. Ahmad Hakim, MA., Wakil Dekan, Ketua Program Studi dan Para Dosen PBA FAI UMI.

Wakil Rektor I UMI, Dr. H. Hanafi Ashad, MT. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa UMI memiliki 57 Program Studi dan alhamdulillah 18 Prodi telah terakreditasi A dan suatu kesyukuran yang lebih adalah UMI juga telah mendapatkan Akreditasi Institusi A.

Hal lain yang terbaru adalah pada tanggal 18 Agustus 2020, UMI kembali berprestasi dengan menduduki klaster 3 dengan peringkat 64 secara nasional baik PTS maupun PTN berdasarkan penilaian dari Kemendikbud.

Sementara itu, Dr. Mohammad Ainin mengatakan, jika dirinya dan Dr. Asaril Muhajir hanya dipercayakan oleh BAN PT untuk melakukan visitasi dan asesmen lapangan, namun yang menentukan adalah forum di BAN PT.

“Kami dipercayakan oleh BAN PT sebagai stakeholder adalah kepercayaan masyarakat lewat BAN PT untuk mewakilinya demi memverifikasi kualitas jaminan mutu. Kami cek dan akan sampaikan. Sehubungan hasil akhir itu bukan dari kami berdua tapi di forum BAN PT”, urainya.

Diakhir sambutan Tim Asesor BAN PT juga menyampaikan Tata Tertib dan rundown dalam pelaksanaan Asesmen Lapangan secara Daring, tutupnya.

(HUMAS)