UMI Makassar – Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Sekretariat Daerah Kota Makassar (H. Ruslan Abu, SH.,MH) resmi bergelar Doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Perspektif Hukum tentang Morfologi Pengadaan Tanah bagi Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Selatan” bertempat di Gedung Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Senin (23/12).

Ruslan Abu mengungkapkan dari hasil penelitiannya didepan dewan penguji bahwa hakikat pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum dan tata ruang Provinsi Sulawesi Selatan adalah untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pengaruh kebijakan Pemerintah Daerah terhadap pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan dan tata ruang Provinsi Sulawesi Selatan masih kurang efektif oleh karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor; faktor substansi hukum, faktor budaya hukum, faktor kesadaran hukum, faktor kemampuan SDM.

Oleh sebab itu, Promovendus memberikan saran dan rekomendasi; kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam melakukan pengadaan tanah untuk kepentingan pembangunan agar dilaksanakan sesuai hakikat Pasal 33 ayat 3 UUD Negara Republik Indonesia agar dapat mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Dengan demikian, Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan perlu meninjau kembali sejumlah regulasi yang terkait dengan hukum pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum dan tata ruang agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan guna mencapai masyarakat adil dan makmur dengan mempertimbangkan faktor-faktor berpengaruh sehingga sebaiknya Pemerintah Daerah melibatkan masyarakat, lembaga adat, lembaga pemerintah untuk menghidupkan nilai budaya yang mendukung pembangunan.

Acara dihadiri Walikota Makassar Dr. Ir. H. Ilham Sirajuddin, MM, Walikota terpilih H. Dani Pamanto, para Asisten Pemkot, Kadis PU Bina Marga Provinsi Sulsel Ir.H. Abdul Latief, M.Si, para SKPD dan para Pegawai Pemkot Makassar memenuhi aula tempat acara berlangsung.

H. Ruslan Abu dinyatakan Lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan merupakan alumni Doktor Ilmu Hukum UMI yang ke-65.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!