UMI Makassar – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Jepang (APUJ) lakukan visitasi ke Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan bertempat di Rektorat UMI, Menara UMI lt. 9 (27/1). Dari APUJ, hadir Sekjen  APUJ, Hidebumi Koide dan Keiko Sukashita didampingi kepala kanselerai (HoC) Jepang Makassar Masaki Tani.

Rombongan dari APUJ ini disambut oleh ketua Yayasan Wakaf UMI H.M.Mokhtar Noer Jaya, mewakili rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, MA wakil rektor 5 bidang perencanaan & kerjasama Prof.Dr.H.Ma’ruf Hafidz,SH.,MH, kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Hj.Setyawati Yani,ST.,MT.,Ph.D, kepala Humas UMI Dr.Hj.Nurjannah,S.S.,M.Pd, para wakil rektor, dekan, ketua unit dalam lingkup UMI.

japan2

Hidebumi Koide dalam sambutannya menyampaikan, Assosiation of Private Universities of Japan (APUJ) berdiri pada tahun 1946 dan membawahi 385 yayasan serta 411 universitas dan akademi swasta.

“Universitas swasta tidak kalah dengan universitas negeri di Jepang. Lebih dari 70% mahasiswa Jepang kuliah di universitas swasta,” ungkapnya.

Dikatakan pula, lebih dari 60% universitas swasta di Jepang tergabung dalam APUJ, Waseda University salah satunya.

“Terima kasih kepada pihak UMI yang menyambut rombongannya dengan begitu ramah dan juga atas jamuan makanan tradisional khas Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Ketua Yayasan Wakaf UMI H.M.Mokhtar Noer Jaya mengatakan, UMI merupakan universitas swasta terbesar dan tertua di Indonesia Timur. UMI memiliki 14 fakultas, 54 program studi, 5 kampus, program pascasarjana.

Dikatakan pula, UMI siap menyambut kerjasama dengan APUJ, baik itu dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“UMI memiliki beberapa bidang yang kiranya sesuai dengan yang ada di Jepang, misalnya, pertanian, perikanan, teknik informatika, teknologi industry, Sastra dan masih banyak lagi. Bahkan kami telah ditawari kerjasama untuk mengirimkan dosen Bahasa Indonesia dari Fakultas Sastra UMI untuk mengajar di Jepang,” urainya.

Dengan adanya visitasi ini, diharapkan ada kerjasama yang dapat terbangun antara UMI dan APUJ pada beberapa bidang yang sesuai seperti pada produksi beras (Fakultas Pertanian) dan perikanan.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!