Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Muslim Indonesia (UMI) Ayu Parawansa, menghadiri United Nation World Science Forum (Forum Science Sedunia) di Budapest, Hungaria, Rabu-Minggu (20-24/11/2019).

Forum ini dibawah naungan United Nation atau Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Sebelumnya, United Nation World Science Forum berlangsung di King Hussein Bin Talal Convention Centre, Dead Sea, Jordan, November 2017.

“Saya dinyatakan member forum science ini sejak 2017, dan juga telah hadir di Jordan,” ujar Dr. Ayu Parawansa, Senin (18/11/2019).

Namun untuk undangan acara United Nation baik seperti UN World Ecological Safety Assembly, UN AOC, dan khusus UN International Women Science, Technology and Innovatian.

Ia mulai aktif dan mendapat undangan di kegiatan UN sejak tahun 2012.

World Science Forum terinspirasi oleh keberhasilan pertemuan bergengsi “Konferensi Dunia Ilmu Pengetahuan untuk abad 21 Komitmen Baru”, yang diselenggarakan antara 26 Juni hingga 1 Juli 1999 di Budapest, Hongaria.

Selain itu, diselenggarakan oleh United Nations dan Dewan Internasional untuk Sains, bekerja sama dengan mitra lain.

“Kegiatan ini didorong oleh kebutuhan akan forum untuk diskusi antara komunitas ilmiah dan masyarakat,” katanya.

Akademi Ilmu Pengetahuan Hongaria bekerja sama dengan UNESCO, Dewan International Science dan mitra lain mengadakan serangkaian acara tindak lanjut yang disebut World Science Forum.

(HUMAS)