Biro Administrasi Akademik (BAA) UMI Adakan Bimbingan Teknis Penomoran Ijazah Nasional (PIN) (26 Desember 2019)

Posted by Umi Makassar on Thursday, December 26, 2019

Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Muslim Indonesia mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dengan tema Penomoran Ijazah Nasional (PIN) Tahun 2019 di Auditorium Al Jibra UMI, Jl. Urip Sumoharjo, Kamis, 26 Desember 2019.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penerapan Sistem Penomoran Ijazah Nasional memberikan kepastian keabsahan sebuah ijazah yang dikeluarkan oleh sebuah perguruan tinggi. Kedepan tidak ada lagi legalisir ijazah, semua akan di cek secara online menggunakan Nomor ijazah nasional.

Kedepan untuk menjaga kemungkinan kesalahan pada ijazah yang dikeluarkan oleh UMI maka yang menandatangani ijazah adalah Rektor dan Dekan sedangkan transkrip nilai ditandatangani oleh Wakil Rekor 1 bidang Akademik dan Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, tutupnya.

Kabag. Kelembagaan dan Sistem Informasi LLDikti Wil. IX Sulawesi Munawir Razak, SIP.,MA. dalam paparannya bahwa bagaimana menguatkan Tata Kelola PD Dikti di Universitas Muslim Indonesia.

PD Dikti memiliki peran yang penting dalam menilai penjaminan mutu sebuah perguruan tinggi, sehingga data diharuskan Valid dan lengkap pada pangkalan data perguruan tinggi serta hal tersebut sangat mempengaruhi penilaian Akreditasi baik Institusi maupun program studi, tambahnya.

Sebuah prodi diharuskan memiliki minimal 5 dosen tetap, dan nisbah dosen mahasiswa adalah 1 : 30 berdasarkan permenristekdikti nomor 51 tahun 2018, tutupnya.

Kasubag. Sistem Informasi LLDikti Wil. IX Sulawesi Ali Isra, S.Kom. dalam paparannya mengenai Implementasi Penomoran Ijazah Nasional (PIN), bahwa penerapan PIN adalah untuk membantu masyarakat atau stakeholder pengguna lulusan dalam mengecek keabsahan sebuah ijazah yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.

Universitas Muslim Indonesia (UMI) sebagai perguruan tinggi terbesar di luar pulau jawa dan terakreditasi institusi A diharapkan siap dan menjadi percontohan dalam kesiapan wajib menggunakan PIN pada Desember 2020, tutupnya.

Turut hadir dalam Bimtek yaitu Sekertaris LLDikti Wilayah IX Sulawesi Drs. Andi Lukman, M.Si., Asisten Direktur 1 bidang Akademik PPs UMI, Wakil Dekan 1 bidang akademik lingkup UMI, Ketua Prodi Lingkup UMI, Kasubag. Akademik Lingkup UMI, dan Staf Biro Administrasi Akademik UMI.

(HUMAS)