Seminar Internasional Persatuan Umat Islam Dunia akan berlangsung di Auditorium Al-Jibra Kampus 2 UMI Makassar Senin 5 November 2012 pukul 08.00 pagi sampai selesai.

Seminar ini akan dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Agama R.I  Prof.Dr.H.Nasaruddin Umar,MA sekaligus sebagai keynote speaker dengan tema “ “Etika Perbedaan Pendapat”. Selain itu, akan hadir Duta Besar Republik Islam Iran H.E.Mr. Mahmoud Farazandeh dan rombongan. Demikian disampaikan Sekretaris Panitia Seminar Dr.H.M.Ishaq Shamad, MA di sekretariat panitia kampus 2 UMI (3/11).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dengan Dubes Republik Islam Iran.

Dikatakan pula pembicara yang sudah dikonfirmasi antara lain; Grand Ayatollah Sheikh Mohammad Ali Taskhiri (President of High Council of the World forum for Proximity of Islamic Schools of Thought). Selain itu akan hadir pula Sheikh Maulawi Ishaq Madani (Penasehat Presiden Republic Islam Iran urusan Ahlussunnah Wal Jama’ah) dan Dr. Mazaheri (Deputy of Open University of The Islamic Republic of Iran). Untuk pembicara dan tokoh Islam nasional dan dunia, insya Allah sudah konfirmasi kehadiran Prof.Dr.H.Din Syamsuddin (Ketua PP Muhammadiyah), Prof.Dr.KH.M.Hasyim Muzadi, MA (Ketua Forum Umat Islam Dunia), Prof.Dr.KH.Umar Shihab, MA (Ketua MUI Pusat) dan Prof.Dr.H.M.Ghalib, MA (Wakil Koordinator Kopertais Wilayah VIII).

M.Ishaq Shamad mengemukakan bahwa peminat/peserta yang akan mengikuti seminar ini sangat banyak dan antusias.

“Dari 700 target peserta, saat ini sudah mencapai 800 orang,” ungkapnya.

Mereka berasal dari berbagai kalangan; akademisi, pengusaha, tokoh agama (ulama), cendekiawan muslim, dosen dan mahasiswa dari berbagai organisasi Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, IMMIM, Ijabi, Ahlul Bait Indonesia, PMII, HMI dan beragam organisasi Islam lainnya. Mereka juga dari berbagai daerah di Indonesia, Sumatera, Jawa, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulsel dan Makassar.

Tujuan dari pelaksanaan Seminar Internasional Persatuan Umat  Islam Dunia  adalah untuk mendapatkan ide atau gagasan terkait upaya mempererat ukhuwah Islamiyah di kalangan umat Islam dunia. Selain itu, menjadi forum tetap bagi para akademisi dan tokoh umat Islam dunia untuk mengeksplorasi ide atau gagasan dalam bentuk kajian-kajian ilmiah, untuk membangun peradaban Islam yang lebih maju. Bahkan diharapkan menjadi sarana bagi akademisi dan tokoh Islam dunia untuk turut aktif dalam proses perdamaian dan persatuan umat Islam dunia.

Seminar Internasional Persatuan Umat Islam Dunia akan dilaksanakan pada tanggal 05 November 2012 di Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI Makasar Jl. Urip Sumoharjo Km.05 Makassar dengan tema utama “Persatuan Umat Islam Menuju Peradaban Dunia Islam yang Maju dan Modern”.

(Humas UMI)