UMI Makassar – Salah satu lembaga yang telah terbentuk di akhir tahun 2016 Universitas Muslim Indonesia (UMI) adalah Bahasa Indonesia penutur Asing (BIPA) UMI yang melaksanakan Lokakarya Tata Kelola dan Kurikulum yang digelar selama dua hari 6 sampai 7 Januari 2017.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor V UMI Bidang Kerjasama yang mewakili Rektor UMI, dalam sambutan Prof Dr H Ma’ruf Hafidz SH MH menegaskan bahwa dengan terbentuknya BIPA UMI ini semoga menjadi lembaga yang mampu berkonstribusi secara nyata untuk mendukung UMI menjadi Universitas berkelas dunia.

“Apalagi BIPA ini berpeluang mendatangkan mahasiswa asing untuk mendalami Bahasa Indonesia demikian juga Dosen yang punya sertifikat BIPA juga bisa keluar negeri mengajar mahasiswa Asing Bahasa indonesia,” ujarnya, Jum’at (6/1/2016).

Dikatakannya, dengan melihat semangat peserta yang hadir pada lokakarya tersebut, agar semua dosen yang ada dalam kegiatan ini menjadi pioneer dalam mensosialisasikan keberadaan BIPA UMI dalam kanca lokal, Nasional maupun ditingkat Internasional.

Sementara itu, Ketua BIPA UMI dalam sambutannya Dra Hj Muli Umiaty Noer, MHum, menyatakan bahwa pada dasar BIPA UMI, memiliki potensi yang begitu besar untuk meningkatkan kulitas pembelajaran bahasa Indonesia.

“Untuk penutur asing di Indonesia khususnya di kawasan Timur Indonesia seperti layaknya di Universitas ternama di Indonesia yang juga menyelenggarakan Program BIPA seperti halnya di Universitas Malang yang program BIPA sdh mengalami perkembangan pesat hingga ketingkat Internasional,” kuncinya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!