UMI Makassar – Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan (BNN) memberikan Kuliah Umum di hadapan 455 MABA UMI Gelombang Ketujuh di Padanglampe (3/9) dengan judul “Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak” oleh AKBP Jamila. Hadir Wakil Rektor 3 UMI Prof.Dr.H.Achmad Gani, SE, M.Si dan sejumlah panitia.

AKBP Jamila menyatakan sosialisasi masalah pencegahan narkoba dan kekerasan seksual penting dilakukan karena dimana-mana sering terjadi kekerasan perempuan. Kekerasan terhadap perempuan dan anak, misalnya pemerkosaan, sodomi, kekerasan seksual pada rumah tangga, dst. Dikatakannya Negara melindungi perempuan dan anak. Kekerasan seksual dan anak merupakan sebagai tindak pidana yang melanggar HAM, karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak dan mengancam kualitas hidup masa depannya. Selain itu, Polri merespon dengan pembentukan pusat pelayanan terpadu (Unit Pelayanan Perempuan dan Anak) dari Pusat sampai kabupaten. Oleh karena itu, mahasiswa jangan ragu melapor ke polisi jika anda mengalami kekerasan.

bnn (2)

Lebih lanjut kasus perkosaan sering terjadi, sampai korban dibunuh. Faktor penyebabnya, antara lain budaya patriarki, diskriminasi, pernikahan terpaksa, penggunaan obat dan alkohol, dugaan perselingkuhan, gangguan psikologis/depresi berat, sikap masyarakat permissif, dst. Untuk itu, ia meminta mahasiswa menjadi orang yang baik dan melindungi perempuan dan anak-anak.

“Beberapa fakta telah terjadi, misalnya anak umur 13 tahun di Gowa dicabuli oleh kakeknya berumur 60 tahun. Demikian pula di Polman anak umur 13 tahun diperkosa oleh remaja 18 tahun, anak anak SD di BTP diperkosa oleh kakak kelasnya di kamar mandi,” paparnya.

bnn (3)

Untuk itu, Presiden telah mengeluarkan Perpu tentang Kebiri. Demikian pula Polri berupaya mencegah dengan merazia di tempat rawan kejahatan, memberikan sosialisasi di masyarakat dengan program preentif/ pencegahan. Diharapkan agar mahasiswa UMI harus bisa membentengi diri dengan iman dan taqwa, karena itu, kegiatan seperti pesantren ini sangat baik.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!