UMI Makassar – Dua mahasiswa Fakultas Farmasi UMI, yakni Restuan Lubis dan Aprilia Fatma Ely terpilih menjadi salah satu perwakilan Indonesia dalam Kaohsiung International invention Exhibition (KIIE) 2014 pada 19-21 Desember mendatang di Taiwan.

“Kami lolos untuk kategori produk health care, dimana kami mencoba membuat permen bagi penderita obesitas untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh mereka,”ujar Restu.

Mahasiswa angkatan 2012 ini berhasil menjadi salah satu peserta exhibition berkat proposal karya ilmiahnya berjudul Abracadabra Slim : Candy of Extract Combination Guazuma Ulmifolia lam and green tea camellia sinesis (L) Kuntze, leaves.

Restu yang didampingi Aprilia menjelaskan, permen yang mereka buat berbentuk patch yang terbuat dari kombinasi ekstrak tanaman jati belanda dan teh hijau dengan menggunakan pemanis alami dari gula aren.

Dari berbagai literatur ilmiah yang mereka kaji, senyawa aktif dari ekstrak tanaman jati belanda dan daun teh hijau mengandung efek hiperlipidemia, yang tidak hanya berfungsi menurunkan kadar lemak. Namun, juga mampu mengurangi

tekanan darah bagi penderita hipertensi, mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes maupun sebagai anti radikal bebas untuk anti aging yang bersumber dari daun teh hijau.

“Saat ini ia bersama Restu dalam proses pembuatan permen tersebut yang akan diuji pra klinik pada hewan percobaan seperti mencit ataupun kelinci. Selanjutnya, akan diatur dosis bagi manusia,” tambah Aprilia.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!