Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara H. Buhari Matta, berhasil memperoleh gelar Doktor pada jurusan Ilmu Manajemen dengan predikat Cum Laude setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi Partisipatori dan Kesejahteraan Sosial, Kabupaten Kolaka (Studi pada Perkembangan Model Mastra Gate)” di Aula Pascasarjana UMI  Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Senin (21/11).

Yudisium dipimpin oleh Prof. Dr.Hj. Masrurah Mokhtar, MA yang juga merupakan Rektor UMI Makassar dengan Promoter Prof.Dr.H. Abdul Rahman Mus, SE., M. Si, Co-Promoter Prof.Dr.H.Muh. Nasir Hamzah, SE., M. Si, dan Prof.Dr.H. Syahrir Mallongi, SE., M. Si dan Tim penguji/ Asesor Prof.Dr. Gufron, SE., M. Si, Prof.Dr.H. Basri modding, SE., M. Si, Prof.Dr.H. Baharuddin Semmaila, SE., M. Si, Prof.Dr.H. Bahar Sinring, SE., M. Si, dan Dr.Ir.Hj. St. Subaedah, MS.

H. Buhari Matta dalam presentasinya dihadapan tim penguji mengatakan, “Gaya Kepemimpinan memiliki nilai positif dan dampak langsung yang signifikan pada motivasi partisipasi masyarakat melalui model implementasi Mastra Gate (Pergerakan Perkembangan Kesejahteraan Masyarakat) di Kolaka. Hal ini dikarenakan adanya kontribusi positif, dengan 6 indikator yakni; gaya direktif, spportif, partisipatif, delegasi, orientasi hasil, orientasi manusia terhadap gaya kepemimpinan yang memperlihatkan bahwa pemimpin adalah tauladan.

Secara garis besar, dalam mengatur otonomi daerah, harus diatur dengan perhatian pada prinsip demokrasi, partisipasi masyarakat, kesamaan dan keadilan dan dengan penghargaan terhadap potensi dan keberagaman yang ada di kabupaten. Mewujudkan otonomi pemerintahan daerah harus mengambil peran aktif karena hal ini merupakan kekuatan politik yang besar dalam menangani sumber daya tersebut.

Motivasi partisipasi memberikan efek yang positif dan signifikan secara langsung pada masyarakat melalui perkembangan moder Mastra Gate. Partisipasi yang tinggi ada karena besarnya motivasi dari masyarakat dan para karyawan yang membangun dan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat. Pendekatan yang kami gunakan adalah dengan sentuhan emosional dan spiritual intelligence.

Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA sebagai pimpinan sidang pada promosi Doktor kali ini mengatakan bahwa Program Doktor Pascasarjana UMI telah melahirkan 37 Doktor, diantaranya 15 Doktor pada Ilmu Manajemen dan 22 Doktor Pada ilmu Hukum, dan untuk pertama kalinya kami melahirkan Doktor dengan predikat Cum laide dengan IP 3.99 sejak berdirinya Program Doktor di Pascasarjana UMI pada tahun 1994.

Lamanya waktu perkuliahan yang ditempu oleh Dr. H. Buhari Matta, SE, MSi di Pascasarjana UMI selama 30 bulan 21 hari.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kolaka Drs. H. Amir Sahaka, Mantan Komandan VII Wirabuana Mayjend Pur. Arif Budi Utomo, beberapa Kadis, Kepala Bagian, camat, dan legislator distrik di Kolaka dan keluarga.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!