Judul: Ikan Bungo: Biologi Reproduksi dan Upaya Pelestariannya
Penulis: Dr.Ir.Andi Tamsil, MS

Penerbit: Pustaka Refleksi, Makassar
ISBN: 978-979-967-32-7-5
Tebal: 152 hlm
Tahun terbit: 2009
Cetakan: Pertama
Genre: Kajian Hasil Penelitian

Ikan Bungo (Glossago Bungo/ G.Aureus) di danau Tempe, Sulawesi Selatan merupakan salah satu ikan ekonomis penting dan endemic yang telah terdesak oleh beberapa jenis ikan introduksi seperti ikan mas (Cyprinus Carpio), Nila (Oreochromis Niloticus), dan ikan tawes (Barbodes Gonionontus).

Langkah sistematis dan terpadu untuk menghasilakn pembenihan dan pelestarian ikan ini. Karena sampai saat ini, belum ada ikan asli perairan umum di Sulawesi Selatan yang berhasil dibenihkan secara terkontrol.

Buku ‘Ikan Bungo: Biologi Reproduksi dan Upaya Pelestariannya’ ini telah diterbitkan pada tahun 2009 oleh Pustaka Refleksi Makassar.

Dr.Ir.Andi Tamsil, MS lahir di Kadidi Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan pada 12 November 1964. Tenaga edukatif pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Pascasarjana UMI Makassar.

Andi Tamsil memiliki pengalaman sebagai kepala Laboratorium Lapang dan Unit Pertambakan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI (1988-1989), pembantu dekan bidang kemahasiswaan (1989-1992), pembantu dejan 1 bidang akademik (1992-1994), dekan (1998-2002) kepala pusat studi lingkungn (PSI) UMI Makassar.

Selain itu, Andi Tamsil juga aktif menulis di koran, majalah, jurnal, serta makalah yang dipresentasikan di forum-fourm ilmiah.

Hasil peer review buku Ikan Bungo: Biologi Reproduksi dan Upaya Pelestariannya dapat dilihat di:

www.umi.ac.id/hasil-peer-review-ikan-bungo-biologi-reproduksi-dan-upaya-pelestariannya-buku-karya-andi-tamsil/

 

 

error: Content is protected !!