Judul: Pembenihan Ikan Laut Ekonomis Secara Buatan
Penulis: M.Ghufran H.Kordi & Andi Tamsil
Penerbit: Lily Publisher, sebuah imprint dari Penerbit ANDI Yogyakarta
ISBN: 978-979-29-1382-8
Tebal: xviii + 190 hlm
Tahun terbit: 2010
Cetakan: Pertama
Genre: Kajian Hasil Penelitian

Berbagai jenis ikan laut di perairan Indonesia merupakan ikan yang bernilai jual tinggi baik di pasar domestic maupun ekspor. Khusus untuk ikan-ikan karang, Indonesia bahkan menjadi produsen terbesar di dunia, baik ikan konsumsi maupun ikan hias. Ikan-ikan karang yang banyak diproduksi antara lain, kerapu, kakap, napoleon, kakatua, ekor kuning, beronang, kurisi dan kuwe.

Pembenihan ikan laut tidak hanya untuk kebutuhan budi daya dalam hal ini pembesaran, tetapi juga untuk penebaran kembali. Karena itu, pembenihan ikan laut merupakan salah satu peluang usaha yang sangat prospektif, karena selain tingginya permintaan di dalam negeri, Negara tetangga juga membutuhkan benih ikan laut dalam jumlah besar.

Buku ini berisikan materi pembenihan ikan laut, khususnya teknik pembenihan secara buatan tidak bergantung pada musim pemijahan ikan di alam, siklus produksi dapat diatur, dan produksi benih dapat diestimasi sesuai kebutuhan pasar.

Dr.Ir.Andi Tamsil, MS lahir di Kadidi Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan pada 12 November 1964. Tenaga edukatif pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Pascasarjana UMI Makassar.

Andi Tamsil memiliki pengalaman sebagai kepala Laboratorium Lapang dan Unit Pertambakan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI (1988-1989), pembantu dekan bidang kemahasiswaan (1989-1992), pembantu dejan 1 bidang akademik (1992-1994), dekan (1998-2002) kepala pusat studi lingkungn (PSI) UMI Makassar.

Hasil peer review buku Pembenihan Ikan Laut Ekonomis Secara Buatan dapat dilihat di:

http://www.umi.ac.id/hasil-peer-review-pembenihan-ikan-laut-ekonomis-secara-buatan-buku-karya-andi-tamsil/

 

 

error: Content is protected !!