“Bulan Ramadhan, Bulan Pendidikan” menjadi topik Pesantren Ramadhan Virtual UMI pada hari ke 25 puasa (Senin,18/5) dengan narasumber Ustadz BamBang Sampurno, S.Pd,M.Pd/ Kabid Kajian dan Dakwah UPT. Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI. Hadir host Dr. M. Ishaq Shamad dan Dr. Nurjannah Abna, serta Drs. H. Abd. Hamid Sulaiman, M.Hum, Husain dan sejumlah mahasiswi.

Ustadz Bambang Sampurno melalui Video taushiyahnya menjelaskan, setidaknya ada tiga karakter yang bulan Ramadhan didik bagi umat Islam, yakni bulan Ramadhan mendidik untuk bersifat jujur. Tanpa sifat jujur, maka orang yang berpuasa bisa berlaku curang, dst.

Selain itu, puasa juga mendidik untuk berprilaku sosial, apalagi di tengah pandemi Covid-19, sehingga membuat kita semakin peduli kepada sesama manusia, terutama umat yang terdampak. Sedangkan yang ketiga, puasa mendidik untuk memiliki semangat beribadah yang tinggi, sebab pahala yang disiapkan Allah SWT, sangat banyak di bulan Ramadhan, bahkan bisa berlipat ganda sampai 700 kali lipat, jelasnya.

Host Dr. Nurjannah Abna menambahkan bahwa puasa juga mendidik kedisiplinan, terutama disiplin waktu. Dengan berpuasa, ada waktu sahur dan ada waktu berbuka puasa, sehingga seharusnya orang yang berpuasa mampu menegakkan disiplin, jelasnya.

Sementara Abd. Hamid Sulaiman menambahkan puasa juga mendidik kesabaran, terutama sabar menghadapi cobaan, sabar menahan hawa nafsu, dan sabar dalam beribadah kepada Allah SWT, sebutnya.

Rizky menyatakan salah satu hikmah yang dipetik pada bulan Ramadhan di tengah pandemi Covid-19, adalah melatih untuk berjiwa sosial. Jiwa sosial ini lebih tinggi tahun ini, dibanding bulan Ramadhan sebelumnya, apalagi banyak sekali orang yang terdampak dari musibah Covid-19 ini. Selain itu, ia juga mempertanyakan bagaimana model tes MABA UMI tahun ini?

Host Dr. Nurjannah Abna menjelaskan pendaftaran MABA UMI secara online mulai 2 Mei s.d 12 Juli 2020, bagi calon MABA yang nilai komulatifnya di SMA lebih dari 65, maka calon MABA tersebut bebas tes masuk di UMI (kecuali Fak. Kedokteran dan Fak. Farmasi). Informasi lengkap dapat dilihat pada website www.spbm.umi.ac.id. jelasnya.

Host Dr. M. Ishaq Shamad, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua peserta atas keseriusan dan komitmennya untuk rajin mengikuti acara pesantren Ramadhan Virtual UMI, sehingga bisa berjalan sampai hari ke 25 Ramadhan. Semoga semuanya tetap bisa join sampai hari terakhir bulan Suci Ramadhan 1441 H, harapnya.

(HUMAS)