Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) bekerjasama dengan Surya Edukasi Bangsa di bawah naungan Media Group menggelar webinar nasional bertajuk ‘Maksimalkan Potensi Diri, Raih Masa Depan Cemerlang’, Rabu (11/11/2020).

Kegiatan yang diikuti seluruh penerima beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id di UMI ini diawali dengan Opening Speech dari Rektor UMI, Prof. Dr. H Basri Modding, S.E, M.Si dan Chief Executive Officer (CEO) Media Group Muhammad Mirdal Akib.

Webinar ini juga dihadiri oleh sivitas akademika UMI. Nampak hadir Ketua Pengawas YW UMI, Sekretaris Pengurus Yayasan, Pimpinan Fakultas dan Ketua Lembaga dalam lingkup UMI, serta mahasiswa UMI ini diisiarkan secara langsung (live) di channel Youtube Media Academy.

Dalam pemaparannya, Mirdal Akib mengaku dunia pendidikan saat ini telah memiliki perubahan yang sangat cepat di berbagai belahan dunia. Semua perguruan tinggi dan mahasiswanya telah terkoneksi dengan jutaan perguruan tinggi dan mahasiswa di semua tempat di dunia ini dalam waktu yang cepat untuk berkompetisi.

Apa yang dimiliki UMI, kata Mirdal Akib, telah mampu menjawab kompetisi-kompetisi itu secara langsung dengan berbagai infrastruktur dasar. Sehingga, menurutnya, jika ingin mendapat layanan pendidikan yang berkualitas, maka UMI adalah jawabannya.

“Salah satu tempat untuk mendapatkan pendidikan berkualitas adalah di Universitas Muslim Indoneisa. Itu tadi yang ada 4 itu tentang pengembangan bahasa, leadership skill, enterpreneur, dan teknologi dll itu bagus sekali,” ungkap Direktur Utama Medcom.id itu.

Mahasiswa saat ini, disebutkan Mirdal Akib, dituntut untuk memiliki kemampuan agar lebih adaptif dengan kemajuan teknologi informasi sebagai saluran meningkatkan kualitas diri menuju persaingan global.

“Jadi kalau generasi terdahulu seperti di zamanku waktu mengerjakan skripsi, diharuskan pergi ke perpustakaan, ambil tangga baru dicari satu persatu informasi yang dibutuhkan. Nah sekarang tidak lagi, karena semua informasi yang dibutuhkan langsung bisa diakses dari kamar langsung,” papar Mirdal.

“Sehingga yang perlu dilakukan generasi sekarang tinggal mengadaptasi informasi sebab saat mencari informasi akan ada ribuan sumber, tinggal kita memilah berdasarkan informasi yang kita butuhkan,” sambung Mirdal.

Sementara itu, Rektor UMI Prof Basri Modding usai kegiatan, menjelaskan, kerjasama antara UMI dan Group Media memberikan banyak manfaat, terlebih saat penerimaan mahasiswa baru.

“Penerimaan Maba 2020 cukup banyak, ini disebabkan oleh media, salah satunya adalah Medcom. Jadi mahasiswa baru UMI cukup antusias untuk mendaftarkan diri sebagai calon peserta dalam program Beasiswa OSC,” papar Prof Basri Modding.

Webinar bertaraf nasional yang dipandu langsung Vera Hasibuan ini menghadirkan dua narasumber yang merupakan pejabat tinggi UMI.

Mereka adalah Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Ir. Hanafi Ashad, S.T, M.T, IPM, yang membawakan materi Mengenal dan Menggali Potensi Diri, dan Pemateri ke dua adalah WR V UMI Prof. Dr. Ir. Hattah Fattah, M.S lewat materinya bertemakan ‘Memaksimal Potensi Diri, Raih Masa Depan Cemerlang: Tinjauan Filsafat Manusia’.

Webinar tersebut berlangsung interaktif, sejumlah pertanyaan berkualitas dilontarkan oleh para peserta kepada narasumber.

(HUMAS)