Halal bi halal keluarga besar Universitas Muslim Indonesia dilaksanakan di Auditorium Al-Jibra Kampus II UMI, Senin 12 Agustus 2013.

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa halal bi halal pasca lebaran sudah merupakan tradisi dalam lingkup UMI yang rutin dilakukan setiap tahun.

Dalam berinteraksi dengan masyarakat kadang terjadi gesekan atau perbedaan tapi jangan sampai perbedaan itu memutuskan silaturahmi.

“Jika itu terjadi maka pada saatnyalah kita saling memaafkan dan saling introspeksi diri, untuk menata hari esok yang lebih baik,” ungkapnya.

ditambahkan pula bahwa banyak hal yang dikandung dalam silaturahmi antara lain dapat memperpanjang umur dan senantiasa menggembirakan saudaranya.

Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI H. M. Mokhtar Noer Jaya juga mengajak untuk meningkatkan ukhuwah karena kita ini sebagai sivitas akademika UMI diibaratkan sebagai satu tubuh yang saling membutuhkan dan tidak bisa dipisahkan.

“Yang penting adalah mari perkuat dan tingkatkan kerjasama karena kita ini satu tim kerja,” katanya.

Hikmah halal bi halal dibawakan oleh Ketua Pembina Yayasan Wakaf UMI yang juga Ketua BAN-PT Prof Dr H Mansyur Ramly.

Halal bi halal ini dilaksanakan di bulan syawal. Syawal berarti peningkatan sehingga makna syawal adalah adanya peningkatan dalam beribadah baik kualitas maupun kuantitasnya, melebihi kuantitas dan kualitas ibadah di bulan ramadhan dan jangan sebaliknya.

“Peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah, harus dibarengi dengan kebersamaan, karena bagaimanapun beratnya beban itu akan terasa ringan jika kita pikul bersama,” katanya.

Mansyur Ramly juga mengungkapkan bahwa ada 3 nilai dasar yang harus dimiliki oleh sivitas akademika UMI;
1. Integritas, punya komitmen yang kuat dengan menjaga citra dan nama baik UMI.
2 Kebersamaan, manajemen UMI harus mengacu pada konsep kebersamaan, dengan memberi penghargaan dan sanksi, tanpa ada perbedaan dan tendensi.
3 Kepemimpinan dan panutan untuk menjadi pemimpin harus punya kriteria dan bisa menjadi panutan.

Halal bi halal dihadiri pengurus Yayasan Wakaf UMI, rektor dan para wakil rektor, direktur dan para wakil direktur Rumah Sakit Ibnu Sina, pimpinan fakultas dan lembaga, dosen dan karyawan dalam lingkup Yayasan Wakaf UMI.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!