Kultum berlangsung di Masjid Kampus 2 UMI Jl.Urip Sumiharjo Km.05 (26/7) oleh Dekan Fakultas Ekonomi UMI Prof.Dr.H.Bahar Sinring,SE,MSi. Hadir Wakil Rektor 5 UMI Dr.H.M.Arfah Shiddiq,MA, Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA, para Wakil Dekan 3 dan 4 UMI, sejumlah dosen dan ratusan mahasiswa (I) UMI.

Prof.Bahar Sinring menyatakan berbagai nikmat yang dirasakan manusia hendaknya disyukuri, karena Allah sering mempertanyakan di dalam Al-Qur’an yang artinya “nikmat apa lagi yang engkau dustakan?”.

Untuk itu sebagai manusia yang diciptakan sebagai hamba untuk beribadah kepada Allah, sebagaimana Allah berfirman “Aku tidak ciptakan jin dan manusia kecuali untuk mengabdi kepada-KU (Allah SWT)”.

Selain itu, ciri manusia yang selalu merasa tidak pernah puas. Dalam tinjauan ekonomi, hal ini disebabkan manusia tidak mampu mengekang hawa nafsunya. Nabi menyatakan “jika ada satu gunung emas, maka niscaya  manusia akan mencari gunung emas lainnya”. Oleh karena itu momentum bulan Ramadhan perlu dijadikan sebagai ajang untuk mengendalikan diri.

“Siapa yang bersungguh-sungguh akan mendapatkan, siapa yang sabar akan mendapatkan petunjuk, dan siapa yang berjalan di atas rel yang benar pasti akan sampai di tujuan,” kuncinya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!