Mei 20, 2017 384 Views

Dekan FTI UMI Bicara Profesi Insinyur di Depan Rektor PTS se Sulawesi

UMI Makassar – Patut membanggakan, Dekan Fak.Teknologi Industri UMI Ir H Zakir Sabar ST, MT, IPM, M.Eng, diundang sebagai salah seorang pembicara pada Forum Rapat Kerja Wilayah IX Sulawesi (20/5) di Hotel Grand Clarion Kendari. Kegiatan yang dihadiri pimpinan PTS dan Ketua Badan Penyelenggara PTS se- Sulawesi ini menyampaikan materi Sosialisasi Program Profesi Insinyur yang merupakan amanat Undang-Undang Keinsinyuran No. 11 Tahun 2014 untuk menghasilkan Insinyur yang profesional dan terdaftar di Perguruan Tinggi.

Program Profesi Insinyur merupakan salah satu program andalan yang ada di.lingkup Kopertis wil.ix sulawesi, dan hanya ada di UMI. Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar merasa berbangga PSPPI UMI yang dikelola oleh FTI menjadi kebanggaan UMI dan masyarakat Sulawesi Selatan.

Alumni FTI ini menjelaskan bagaimana awal proses pendirian program profesi insinyur, dari 40 PTN dan PTS se Indonesia yang mendapat mandat persiapan penyelenggaraan pada awal april 2016 ditetapkan hanya 4 perguruan tinggi dan salah satunya adalah UMI yang merupakan satu satunya PTS di luar Jawa.

“Alhamdulillah sejak berproses di januari 2017, tanggal 7 mei 2017 kemarin telah mewisuda sebanyak 23 putra – putri terbaik,” ujarnya.

Zakir di depan peserta Rakerwil yang juga dihadiri koordinator kopertis Wil. IX Prof Dr Ir Hj A.Niartiningsih. Zakir menguraikan persyaratan dan proses pembukaan program profesi insinyur dan alhamdulillah keberhasilan ini juga tidak lepas dukungan koordinator kopertis Wil.IX Sulawesi, ketua Yayasan UMI dan rektor UMI dan seluruh dukungan alumni.

Zakir menyatakan siap saling bersinergi bersama PTS di Sulawesi, sekarang ini bukan saatnya lagi untuk bersaing tapi saat ini kita saling bersinergi dan mensuport dalam mempersiapkan Insinyur Profesional yang siap berkompetisi di era global. Kami siap untuk dapat membantu PTS dalam membina prodi profesi Insinyur di PT lingkup Wil.IX termasuk dalam penyiapan minimum 6 jumlah dosen bergelar IPM sebagai syarat pendirian.

Taufik Nur, Sekretaris Prodi Profesi Insinyur UMI yang mendampingi Dekan FTI UMI Zakir Sabara menyampaikan untuk Angkatan II, PSPPI UMI membuka Pendaftaran PPI mulai bulan Mei 2017 hingga Juli 2017 dan memulai Program pada bulan Agustus 2017. Taufik menambahkan, peserta Program Profesi Insinyur mensyaratkan calon peserta Program berijazah sarjana Teknik dan Teknik Terapan memiliki pengalaman minimal 2 tahun dan berijazah sarjana Sains, dan Pendidikan Teknik memiliki pengalaman minimal 5 tahun pekerjaan di bidang keinsinyuran.

(Humas UMI)

Previous Rektor UMI Hadiri Rakerwil Kopertis IX di Kendari
Next Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembiayaan Mikro pada Bank BRI Syariah Makassar

You might also like

UMI Jadi Penyelenggara Pendidikan Profesi Insinyur

UMI Makassar – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menjadi salah satu dari 40 perguruan tinggi perintis pembukaan program studi pendidikan profesi insinyur (PS PPI). Mandat perintis pembukaan PS PPI diserahkan

Besok, Pelantikan MPW ADI SULSEL Tingkatkan Kualitas Dosen

UMI Makassar – Majelis pimpinan Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia (MPW-ADI) Sulawesi Selatan yang beranggotakan para dosen dari berbagai ilmu yang bercirikan keilmuan, seni dan budaya, akan dilantik pada hari Kamis,

Rakernas BKS PTIS di UIR Akan Dihadiri Wapres

UMI Makassar – Dalam rangka memantapkan pelaksanaan rapat kerja nasional badan kerjasama perguruan tinggi Islam swasta (BKS PTIS) maka dilaksanakan rapat evaluasi pengurus harian dan panitia lokal di Universitas Islam