Dekan FTI Umi  Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW, ST, MT, IPM, ASEAN Eng meraih gelar akademik tertinggi pada Program Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang, 5 desember 2018.

Ia berhasil mempertahankan desertasinya dengan judul Pendekatan Robust Decision-Making dalam perencanaan Sumberdaya air untuk air minum di kota Makassar. Dihadapan promotor, Prof. Dr. Ir. Soemarno, M.S., dan ko-promotor Amin Setyo Leksono, S.Si.,M.Si., Ph.D.,M.S. dan Dr. Ir. H. Andi Tamsil, M.S.

Mengangkat masalah yang dihadapi PDAM kota Makassar dalam pengelolaan sumberdaya air untuk air minum beberapa tahun terakhir adalah kurangnya pasokan air baku, menurunnya kualitas air baku, keadaan infrakstrutur, pembiayaan, dan kerentanan akibat perubahan iklim masa depan yang tidak pasti. Pihak pengelola dan pemangku kepentingan menghadapi persoalan dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan dan penentuan arah kebijakan perusahaan.

“Kajian ini diharapkan membantu pihak pengelola dalam pengambilan keputusan yang adaptif dan robust, dibutuhkan kajian akademik lintas disiplin dan sektoral dengan fokus dan tujuan pada pemanfaatan pendekatan Robust Decision-Making (RDM) dalam perencanaan sumberdaya air untuk air minum di kota Makassar,” papar dekan milenial ini dalam disertasinya.

Zakir juga menambahkan untuk sampai dititik ini banyak sekali yang membantu, ucapan terima kasih disampaikan pada saat ia mengakhiri promosi doktor dihadapan Promotor dan Co-Promotor yang hadir, tidak hanya itu zakir juga menambahkan bahwa ini adalah bentuk persembahan ikhtiar sebagai bagian dari kebersamaan.

(Humas UMI)