Makassar, umi.ac.id – Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Ir. Victoria Br Simanungkalit M.M menyambangi kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Victoria yang hadir didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulsel Malik Faisal, Sekretaris Deputi dan Tiga Asdep dalam bidang kewirausahaan Kementrian Koperasi dan UKM RI ini disambut oleh jajaran pimpinan Kampus UMI di Ruang Rapat Senat Lantai 9, Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Sabtu (27/2/2021).

Deretan pimpinan UMI saat itu terpantau hadir diantaranya Wakil Rektor II UMI Prof. Dr. Salim Basalamah, S.E, M.Si, WR III Dr. Nasrullah, M.H, WR IV Dr. KH. Zain Irwanto, M.A, dan WR V Prof. Dr. Ir. Hattah Fattah, M.S.

Kunjungan Victoria ini dalam rangka melihat langsung karya yang dihasilkan binaan inkubasi bisnis UMI, baik oleh mahasiswa dan dosen UMI yang telah dipajang di UPT Manajemen Inovasi & Inkubasi Bisnis UMI.

Acara ini dimulai dengan persentasi karya mahasiswa dan dosen seperti Produk Maceh dan Carryfy, karya mahasiswa dan dosen UMI yang telah diaulat menjadi salah satu yang terbaik dalam kompetisi Startup 2020.

Dalam sambutannya, Victoria menyebutkan, start up yang dihadirkan oleh para generasi muda harus dikuatkan dengan kolaborasi sesama pelaku usaha. Konsolidasi untuk membesarkan brand perlu dilakukan secara massif.

“Anak anak muda ini sebaiknya masuk dulu ke rantai pasok, setelah industrinya kuat baru kita masuk ke pasar. kalau kita langsung masuk ke pasar, kita dihajar, kita harus menyusun strategi kerjasama yang baik dan perguruan tingi adalah centre of excelent.

Victoria juga sangat mengapresiasi tenant binaan UMI saat melakukan kunjungan langsung Kantor UPT Manajemen Inovasi & Inkubasi Bisnis UMI di Lantai 4 Menara UMI dan Galeri Assalam UPT UPT Manajemen Inovasi & Inkubasi Bisnis UMI.

“Ini adalah kreativitas yang patut disupport oleh semua pihak, khususnya pemerintah dalam menyiapkan ruang lebih banyak untuk mendorong manajemen yang lebih baik,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Promosi dan Kerjasama UMI, Prof DR. Ir. H.M Hattah Fattah menjelaskan, kunjungan ini ditargetkan akan terbangun kerjasama yang kuat berupa supporting dari Kemenkop dan UKM RI terhadap semangat bisnis di UMI dan ini merupakan langkah yang baik.

“Ini adalah hal yang bagus khususnya untuk mendukung kebangkitan ekonomi. Ini akan menguatkan berbagai sector, khususnya bagi perguruan tinggi sebagai pusat leading kajian pengembangan operasi misalnya,” ungkap Prof Hattah Fattah.

Prof Hattah menjelaskan, semangat UMI untuk meghadirkan luaran yang berjiwa enterprneur adalah dengan berupaya menghasilkan sarjana yang telah memiliki usaha meskipun dalam skala yang kecil dulu.

“Dalam rangka realisasi Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, kita dorong sebelum mereka sarjana mereka sudah harus memiliki usaha. Salah satunya adalah mereka tertarik untuk membuka usaha di bidang koperasi,” papar Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

(HUMAS)