Rektor-Peresmian Desa mitra binaan UMI yang ke 33 di Desa Tamangapa Kecamatan Ma’rang Pangkep berlangsung di halaman kantor Desa Tamangapa Ma’rang(12/12). Hadir  Bupati Pangkep H.Syamsuddin Hamid,SE, Ketua Yayasan Wakaf UMI H.Mokhtar Noerjaya, Ketua Harian YW UMI H.Jobhaar Bima,SE,MSi,Ph.D, Sekretaris YW-UMI Ir.H.Lambang Basri, Ph.D, Ketua LPMD Prof.Dr.H.Salim Basalamah, Sekretaris LPMD Ir.Anas Boceng,MS, sejumlah Dosen UMI, staf LPMD, dan Camat Ma’rang serta tokoh masyarakat setempat.

Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,MS dalam sambutannya mengajak Bupati Pangkep bekerjasama lebih erat dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Apalagi insya Allah UMI akan menerima MABA Kedokteran Gigi akhir bulan ini, katanya. Selain itu UMI satu-satunya PTS yang terakreditasi institusi. Bahkan UMI baru-baru ini memperoleh penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai lembaga pendidikan yg melahirkan doktor termuda tata negara di Indonesia. Masrurah juga mengatakan UMI menerima mahasiswa dari desa mitra binaan sebanyak 100 orang pertahun  yang SPPnya gratis sampai sarjana. Namun mereka wajib menghafal Al-Qur’an dan jika bisa hafal sampai 20 juz akan diberikan reward umrah. Rektor UMI mengajak Bupati Pangkep untuk bersama-sama membina desa mitraan ini termasuk kerjasama bidang pendidikan, sehingga desa mitra binaan ini lebih cepat mandiri.
Selain itu, Program Pencerahan Qalbu UMI di Padanglampe Pangkep telah dilirik berbagai pihak dalam pendidikan karakter, termasuk baru-baru ini beberapa pimpinan Universitas Antasari Kalimantan datang berguru di Padanglampe melihat lebih dekat proses pendidikan karakter di UMI.

Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid, dalam sambutannya bernostalgia selama kuliah di UMI. Dikatakan pula tidak ada kata “tidak” bagi UMI karena kita telah melihat buktinya di Padanglampe semakin maju. Bupati Pangkep sangat berterimakasih kepada pimpinan UMI bisa masuk di Pangkep, agar UMI membantu Pangkep yang masuk kategori no 4 terbelakang di Sulsel. Padahal Pangkep memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. Karena itu tahun ini 50% alokasi dana APBD masuk biaya pendidikan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, diharapkan UMI tidak hanya membina desa binaan, tetapi dapat membina Kabupaten Pangkep secara keseluruhan, terutama di bidang pendidikan, khusunya warga di daerah kepulauan.
Bupati menyatakan kesiapan bekerjasama dengan UMI, terutama bidang pendidikan.Sebagai contoh katanya,  tahun ini 30 orang diutus melanjutkan pendidikan dengan bantuan 4,5 juta per semester per orang.

Camat Ma’rang Hasanuddin DM, dalam sambutannya mengemukakan peresmian desa mitraan binaan UMI ini merupakan peristiwa monumental untuk pembinaan umat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Potensi desa ini memiliki potensi pesisir bahkan Pangkep juara 3 nasional pengelolaan rumput laut. Dikatakan pula potensi perkebunan Pangkep baru-baru ini mengirim 500 kontainer buah jeruk ke Pulau Jawa. Ini potensi yang perlu dikembangkan lagi ke depan, harapnya.

Kepala Desa Tamangapa HS.Hasan Gaffar menyatakan ini kesempatan bagi desa kami untuk lebih maju, terutama pengembangan potensi tambak, pertanian dan perkebunan. Selain itu, kami berharap UMI dapat menfasilitasi peningkatan SDM warga desa Tamangapa.

Acara diakhiri dengan penantanganan MOU UMI dengan Bupati Pangkep serta penandatangan Prasasti oleh Bupati.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!