Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) memiliki strategi khusus agar mendorong mahasiswa yang tengah belajar di rumah bisa lebih produktif di luar aktivitas belajar formal via virtual.

Demi mengisi aktivitas lebih produktif itu, Universitas swasta terbaik dengan akreditasi institusi A pertama di Indonesia Timur ini menggelar kompetisi bernama Kompetisi Cipta Karya bertajuk ‘Ceria Ramadhan Bersatu Lawan Covid-19’.

Lomba ini bertujuan mendorong komitmen bersama agar semua orang patuh terhadap imbauan pemerintah terkait penanggulangan Covid-19 dan tetap berbahagia di bulan Ramadhan 1441 H/2020 M, hal ini disampaikan Wakil Rektor III Bidang Simawa UMI, Prof. Dr. H. La Ode Husen, SH., MH.

“Mahasiswa UMI lebih dinamis, peka, dan produktif dalam merespon situasi selama masa PSBB, dan di bulan suci Ramadan melalui lomba cipta karya mahasiswa,” ujar Guru Besar Fakultas Hukum UMI di ruang kerjannya lantai 9 Menara UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Selasa (19/5/2020).

Prof. La Ode Husen menambahkan setelah proses pendaftaran hingga pengumpulan karya berlangsung, alhamdulillah banyak mahasiswa UMI memiliki multi talenta yang bisa dikembangkan.

“Mahasiswa UMI banyak yang memiliki talenta yang bisa dikembangkan, Insya Allah, pada masa mendatang kegiatan serupa pada cakupan yang luas, yakni antar Perguruan Tinggi,” tutur Prof La Ode Husen.

Lomba yang dihelat dengan dua kategori diantaranya video dan puisi dengan dateline pengumpulan karya pada 15 April hingga 8 Mei dan kemudian diperpanjangan sampai 10 Mei 2020.

Aturan karya di even inipun terbilang mudah untuk dua kategori lomba itu. Peserta hanya diminta membuat karya berdurasi 5 menit yang direkam dengan kamera DSLR atau handphone. Karya tidak dibenarkan yang mengandung unsur SARA.

Untuk pengumuman pemenangan dilakukan lewat media sosial Bidang Kemahasiswaan dan Alumni pada tanggal 15 Mei 2020 lalu. Pemenangnya telah resmi diumumkan beberapa waktu lalu dan para pemenang yang juga mahasiswa UMI menerima hadiah jutaan rupiah.

Sekedar informasi, untuk pemenang dalam dua kategori Cipta Karya di bawah naungan WR III UMI ini memiliki 4 tingkat yakni juara 1, juara 2, 3, dan juara favorit. Juga, setiap pengumuman resmi lomba ini telah lama dipublikasikan lewat media sosial Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMI.

(HUMAS)