Makassar, umi.ac.id – Direktur Akademi Bahasa Asing (ABA) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Dr. Hj. Muli Umiaty Noer, M.Hum mengunjungi lokasi Praktek Kerja lapangan (PKL) Mahasiswa ABA UMI (26/2/2021).

Kunjungan rombongan Jajaran Pimpinan ABA UMI ini sedianya menyasar sejumlah titik di Kota Makassar, salah satunya adalah Museum I Laga Ligo, Benteng Roterdam, Makassar. Namun dikarenakan masih situasi Pandemi, kunjungan kali ini dilakukan secara terbatas.

“Kegiatan PKL mahasiswa ABA UMI dilaksanakan sejak tahun 2017 sebagaimana MoU ABA UMI dengan UPT Museum LA Galigo,” ungkap Mantan Dekan Fakultas Sastra UMI ini.

“Sedianya mahasiswa ABA UMI melaksanakan PKL di Museum Negeri Provinsi Sulawesi Selatan ‘La Galigo’ di Benteng Rotterdam, tapi karena masa Pandemik Covid 19 dimana Museum La Galigo belum dibuka untuk umum,” sambung Dr Muli Umiaty.

Dr Muli Umiaty menjelaskan, untuk PKL mahasiswa ABA UMI tahun 2021 ini dilakukan di 28 lokasi seperti Museum I Laga Ligo perkantoran pemerintah, perusahaan, dan Yayasan Pendidikan.

“Yang tersebar bukan hanya di kota Makassar tetapi juga diluar kota Makassar, seperti : Maros, Bulukumba, Wajo, Pinrang, Papua, dan lainnya,” tuturnya.

Rombongan ini juga menyambangi Kantor Dinas Perumahaan, Pemukiman, dan Pertanahan (Disperkintan) Sulawesi Selatan, Inspektorat Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Provinsi (LPMP), dan Yayasan Pendidikan ‘Rumah Harapan.

Direktur ABA UMI berharap semoga PKL Mahasiswa ABA UMI bisa berkelanjutan dengan mengadakan kolaborasi dan MoU.

“Mahasiswa PKL ABA UMI mereka dianggap sebagai mahasiswa yang luar biasa karena mereka bukan hanya mahasiswa murni tapi mereka berasal dari berbagai fakultas yang ada di UMI,” imbuhnya.

“Semua Mahasiswa PKL ABA UMI 2021 didampingi dan dibimbing oleh dosen pembimbing dari ABA UMI baik On-line maupun Offline . Para mahasiswa juga tetap mengikuti Protokol Kesehatan dan memiliki kedisiplinan yang tinggi,” lanjutnya.

Terpantau, kunjungan titik terakhir rombongan Pimpinan ABA UMI di lokasi PKL mahasiswa adalah berlangsung di PT. Ukhuwah UMI Industri di Lanraki, Kota Makassar.

“Penarikan secara serentak PKL mahasiswa ABA UMI ini akan dilakukan pada tanggal 03 Maret 2021,” tutupnya.

(HUMAS)