Olympiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi 2019. (ON-MIPA 2019) yang ke 11 di kampus Universitas Muslim Indonesia, akan dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Prof. Dr. Ismunandar, hal ini disampaikan Ketua Panitia yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan alumni UMI, Prof. Dr. H. La Ode Husen, SH.,MH. saat ditemui diruang kerjanya (26/4) di kampus II UMI.
Peserta ON MIPA 2019 utusan 80 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se Indonesia dengan jumlah 256 mahasiswa telah hadi di Kota Makassar sejak tanggal 25 April 2019, dan panitia telah siap untuk menyambut kedatangan mereka mulai dari bandara hingga selama mengikuti kegiatan ON MIPA dan kembali ke wilayah masing-masing, setelah pelaksanaan selesai tanggal 29 April 2019, ujar Guru Besar Fakultas Hukum ini.
Lanjut dikatakan, Olimpiade Nasional MIPA ke-11 merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti dalam bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi di kota Makassar, 26-29 April 2019. Dan untuk tahun 2019, Universitas Muslim Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah. Tentu kepecayaan ini insya Allah akan kami laksanakan dengan baik. Alhamdulillah UMI senantiasa memiliki kepercayaan sebagai tuan rumah, baik even nasional maupun international dan berjalan sukses, demikian kepercayaan dari pemerintah, khususnya dari kemenristekdikti, hal ini merupakan program yang keempat kalinya, sebelumnya, UMI tuan rumah MTQ (2015), PIMNAS (2017), Kembaranas (2018) dan Tahun 2019, ON MIPA.
Untuk acara pembukaan insya Allah hari ini Jumat, 26 April 2019, pukul 19.30 di Auditorium al Jibra Kampus 2 UMI, kami mengundang Pak Gubernur, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulsel, Walikota, Pimpinan PTN dan PTS dalam lingkup Kota Makassar, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota Makassar, dan internal kami mengundang Jajaran Pengurus Yayasan, Pembina, Pengawas dan Anggota senat dalam lingkup UMI, serta pengurus BEM UMI.
Disinggung acara yang akan digelar pada acara pembukaan, Alumni Fakultas Hukum UMI ini menguraikan bahwa tamu akan disuguhkan penampilan budaya dari Sulawesi Selatan, ada angngaru, ada tari pattuddu, tari menyambut para tamu kehormatan, ada juga pepe pepe ri macca dan juga kreasi dari penampilan PSM dan Hadrah Marawis UMI yang juga telah menorehkan prestasi di luar. Insya Allah kami akan berusaha untuk menampilkan yang terbaik dan memberikan hiburan kepada tamu khusunya dari luar Sulawesi.
Untuk ON MIPA Tahun 2019, Universitas Muslim Indonesia mengikutkan dua orang mahasiswa yang lolos tahap seleksi dalam lingkup Wilayah IX Sulawesi dan Alhamdulillah UMI PTS yang terbanyak lolos dalam seleksi tahap kedua di wilayah IX Sulawesi. Dua orang mahasiswa UMI, masing-masing Yulia Nuhra (Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI) lolos bidang Biologi dan Muhammad Imam Arif (Mahasiswa Fakultas Teknik UMI) lolos bidang Fisika. Insya Allah, kami berdoa, semoga UMI akan kembali menorehkan tinta emas dengan prestasi yang gemilang di tingkat nasional di even ON MIPA PT 2019 ini,” harap Prof. Dr. H. La Ode Husen yang juga alumni Fakultas Hukum UMI ini.

(HUMAS)