Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Prof. Dr. H. Basri Modding, SE, M.Si memimpin rapat koordinasi, terkait dengan penunjukan UMI sebagai Kampus  Pelopor Keselamatan Berlalulintas oleh Ditlantas Polda Sulsel. Rapat koordinasi melibatkan 6 pilar sebagai pendukung utama kegiatan, yaitu UMI, Ditlantas, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja dan Dinas Pekerjaan Umum, rapat berlangsung di Gedung Menara UMI lantai 9 Jl. Urip  Sumoharjo Makassar, 4/12/2018.

Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE, M.Si, mengatakan ditunjuknya UMI sebagai kampus percontohan pelopor keselamatan berlalulintas  perlu diapresiasi karena, potensi yang dimiliki UMI dengan jumlah mahasiswa 21.160, dosen dan karyawan 1166 orang, ini merupakan potensi yang sangat signifikan sebagai salah satu unsur pendorong utama kesuksesan kampus UMI sebagai pelopor keselamatan berlalulintas.

Lanjut dikatakan, program kampus sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas sejalan dengan program unggulan UMI sebagai pusat pendidikan karakter nasional. Karakter memiliki banyak unsur, antara lain karakter moral berkaitan dengan keimanan kejujuran dan rendah hati, kejujuran salah satu unsur karakter yang harus disinergikan dalam berlalulintas, misalnya jujur mengakui kalau melanggar, dan ini salah satu bagian dalam pembentukan karakter, semoga program ini menjadikan UMI lebih baik ke depan.

Kasubdit Diryasa Ditlantas Polda Sulsel AKBP Hj. Tridini mengatakan dijadikannya kampus sebagai pelopor keselamatan berlalulintas, karena mahasiswa dianggap usia produktif dan kecelakaan lalu lintas yang banyak terjadi mayoritas adalah usia produktif. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini tingkat pelanggaran dan kecelakaan bisa diatasi, dan diharapkan mahasiswa, dosen dan karyawan dapat menjadi contoh dan pelopor keselamatan berlalu lintas.

Rapat koordinasi memutuskan ketua panitia kegiatan kampus sebagai pelopor keselamatan berlalulintas  diketuai dari UMI yaitu Ir. Lambang Basri Said, MT, Ph. D Sekretaris Pengurus Yayasan Wakaf UMI yang juga Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Sulsel.

(Humas UMI)