UMI Makassar – Kepedulian UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat khususnya di desa binaan UMI dengan keterlibatannya dalam berbagai aktivitas termasuk menempatkan para dosen UMI yang baru diterima untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah tertinggal khususnya desa mitra binaan UMI, hal ini disampaikan Rektor UMI yang diwakili Wakil Rektor IV Bidang Dakwah dan Kampus Islami, Drs. KH. Zain Irwanto, Ma saat membuka acara pembekalan pengabdian dosen baru yang dilaksanakan Lembaga Pengabdian pada masyarakat (LPMD) UMI di aula LPMD UMI (12/3).

Rektor UMI menitip tiga hal kepada dosen baru UMI yang akan ditempatkan di desa binaan selama sebulan, dalam melakukan pengabdian sebagai dosen UMI menempatkan diri sebagai hamba Allah untuk tetap tawadhu, tidak boleh merasa lebih dari masyarakat, melakukan proses pembelajaran guna memperluas wawasan dan memperkaya pengetahuan sebelum melakukan aktivitas secara terfokus di kampus. Selain itu,diharapkan dosen UMI memposisikan diri sebagai khalifah yang bertujuan untuk memakmurkan masyarakat dengan pondasi iman, ilmu dan amal.

“Selama berada di desa, segala persoalan dimusyawarahkan dengan pemerintah dan masyarakat setempat untuk kemanfaatan bersama,” pesannya.

Sementara itu Ketua LPMD UMI, Prof.Dr. H.Salim basalamah, SE.,MSi., dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti 49 orang dosen baru dan 2 guru Yayasan UMI akan ditempatkan di 35 desa binaan UMI yang tersebar di Propinsi Sulawesi Selatan, Kepulauan Buru, Buton, Maluku dan Papua selama sebulan dan selanjutnya satu semester melakukan pengabdian di fakultas masing-masing dan setelah itu dari hasil tim monev, mereka akan diberikan SK 100 persen sebagai dosen UMI.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua LPMD UMI, Prof.Dr. H.Salim basalamah, SE.,MSi., Sekretaris LPMD UMI, Drs.H.Rauf Assagaf,M.Pd., Kapus Desa  Binaan, Dr.Ir. Hj. Netty Said,MS.

Dalam kegiatan ini peserta akan menerima materi implementasi akhlak dalam melaksanakan amanah (Prof.Dr.Hj.masrurah Mokhtar,MA), Penyusunan Program Kerja dan laporan Pengabdian Bagi Dosen Pengabdi (Prof.Dr. H.Syahnur Said,SE.,MS)., Kebijakan Yayasan Wakaf UMI pada pelaksanaan Pengabdian pada masyarakat (H. Mokhtar Noer Jaya), Penerapan Teknologi Tepat Guna (Dr.Ir. h.Iskandar BP,MSc)., Permasalahan Dakwah di Pedesaan (Drs. KH. Zain IRwanto,MA), Upaya menciptakan peluang kerjasama (Prof.Dr. H. Ma’ruf Hafidz,SH.,MH), Analisis Pengembangan Usaha (Prof.Dr. H. Ahmad Gani,SE.,MSi)., Monev Pengabdian Bagi Dosen Pengabdi (Prof.Dr. H. Murdifin Haming,SE.,MSi), Tata Cara Penyelenggaran Jenazah ( Drs.H.Abd. Rauf Assagaf,M.Pd), Motivasi Pengabdian Pada Masyarakat (Prof.Dr. H.Salim Basalamah,SE.,MSi).

(Humas UMI)

error: Content is protected !!