UMI Makassar – Sebanyak 53 dosen baru Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengikuti Pembekalan Pengabdian Dosen Baru UMI Periode 2015/2016, yang disilaksanakan oleh Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI, di ruang pertemuan LPMD Gedung Menara UMI lantai 3, Selasa 3 November 2015.

Rektor UMI diwakili Wakil Rektor IV Drs. H. M. Zain Irwanto, MA dalam sambutannya sebelum membuka acara tersebut mengatakan, sebagai dosen baru di UMI ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum diangkat menjadi dosen tetap, salah satunya adalah pengabdian pada masyarakat. Pengabdian ini merupakan salah satu syarat untuk dapat menjadi dosen dengan standar nasional, yaitu kompetensi sosiologi. Setiap dosen harus memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dengan masyarakat, dapat memberi dan menimba ilmu dari masyarakat.

Sebelum menjadi dosen tetap di UMI, dari sekarang harus memperbaiki niat, niat karena Allah SWT, bukan niat yang macam-macam. UMI merupakan lembaga pendidikan dan dakwah, sehingga komptensi seorang dosen di UMI, harus mencerminkan nilai-nilai Islam. Bukan memiliki kemampuan mentrasfer ilmu kepada mahasiswa, tetapi harus juga mampu memberi contoh tauladan yang baik, dan senantiasa memberi motivasi dan nasehat kepada mahasiswa sebelum memulai perkuliahan di dalam kelas.

Ketua Lembaga Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah (LPMD) UMI Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE, MSi mengatakan, salah satu persyaratan yang harus dilalui dosen baru di UMI sebelum diangkat menjadi dosen tetap adalah wajib mengikuti pengabdian pada masyarakat. Untuk periode 2015/2016 sebanyak 53 dosen baru UMI akan melakukan pengabdian di desa Mitra Binaan UMI, disebar di tiga kabupaten yaitu Kab. Takalar, Gowa dan Pangkep.

Selama berada di lokasi pengabdian, diharapkan dapat melaksanakan tugas pengabdian dengan baik dan ikhlas, tetap menjaga nama baik dan citra UMI dimanapun berada, dengan memperlihatkan akhlakul karimah dalam berinteraksi dengan masyarakat.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!