Makassar, umi.ac.id – Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internal melalui Dosen Fakultas Pertanian UMI yang diketuai oleh Ir. Muhammad Salim, MP. dan Anggota Dr. Ir. Nurliani, MS.

Kegiatan ini bentuk implementasi dari program tri dharma perguruan tinggi dengan melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertema “Pemanfaatan Lahan Pekarangan Melalui Teknik Budidaya Sayuran Hidroponik” di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Ahad, 09 Agustus 2020.

Muhammad Salim yang merupakan Ketua PkM tersebut mengungkapkan bahwa Teknik Sayuran Hidroponik merupakan solusi bagi rumahtangga untuk meningkatkan ketahanan pangan, terutama setelah memasuki kebiasaan baru pasca pandemik Covid-19 (new normal).

Beberapa kelebihan teknik budidaya hidroponik adalah membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas, pertumbuhan yang cepat sehingga dapat dipanen dalam waktu yang singkat dan terutama untuk penyediaan konsumsi sayuran yang bergizi, aman dan higienis untuk rumahtangga sehingga juga dapat mewujudkan ketahanan pangan rumahtangga dimasa pandemi covid-19 ini, urainya.

Dalam kesempatan yang sama, Nurliani selaku Anggota menambahkan bahwa Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini juga melibatkan 2 orang mahasiswa program studi agribisnis Fakultas Pertanian UMI.

(HUMAS)