Dosen Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia,  Dr. Hj. Nurjannah Abna, SS.,M.Pd dan Drs. H. M. Nawawi, MA memberi pelatihan pembuatan bakso Ikan  Bandeng  bagi ibu-ibu Pengurus dan Anggota Majelis Taklim Nurul Ukhuwah Desa Borikamase Kecamatan Maros Baru, kabupaten Maros, Sabtu – Minggu tanggal  21-22 September 2019.

Pelatihan pembuatan bakso ikan bandeng bagi Ibu-ibu Majelis Taklim Nurul Ukhuwah Desa Borikamase Kecamatan Maros Baru, kabupaten Maros,  sebagai kelompok mitra merupakan implementasi pngabdian kepada masyarakat, implementasi  tugas Dosen dalam melaksanakan Tri Darma perguruan tinggi, hal ini disampaikan  Dosen Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia, Dr. Hj. Nurjannah Abna, M.Pd.,  di sela-sela pelatihan pembuatan bakso ikan bandeng di aula Masjid Nurul Mukminin Dusun Padang Assitang Desa Borikamase.

Bakso merupakan salah jenis makanan yang digemari semua kalangan masyarakat, tua maupun anak muda,  demikian juga anak-anak. Usaha Bakso ikan merupakan makanan alternatif yang digemari oleh semua elemen masyarakat  dan memiliki prosepek usaha yang dapat menyasar semua kalangan dengan harga yang terjangkau dengan bahan yang mudah didapat dan murah, selain itu lokasi penempatan usaha memiliki prosfek yang menjanjikan untuk pengembangan usaha dan organisasi.  Umumnya olahan bakso dari daging sapi, sementara Desa Borikamase, penghasil ikan bandeng yang ada di kabupaten Maros.

Tujuan program PkM ini  dengan metode pelatihan dan pendampingan ini, diharapkan MT Nurul Ukhuwah dibekali keterampilan mengolah bakso ikan dan pemasarannnya, sehingga selain untuk suguhan dalam keluarga dengan bakso yang sehat dengan olahan dari ikan  juga diharapkan menambah income keluarga dan organisasi majelis taklim.

Kegiatan yang diawali dengan sosialisasi pada bulan Agustus 2019, dengan tujuan membangun persepsi yang sama,  dilanjutkan pelatihan pembuatan Bakso Ikan bandeng dan diskusi teknik pemasaran usaha  usaha bakso ikan bulan September 2019, ujar alumni Fakultas Sastra UMI ini.

Alhamdulillah kegiatan yang dibuka kepala Desa Borikamase, Asnawin dan dihadiri ketua Tim penggerak PKK ini diikuti peserta dengan jumlah 40  orang yang antusias mengikuti kegiatan.

(HUMAS)