Tim Dosen Pengabdi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI, yang diketuai oleh Nurfardiansyah Bur.,M.Kes dengan Anggota Septiyanti M.Kes melakukan Penyuluhan terkait usaha kesehatan sekolah (UKS) di SD Inpres Katangka Gowa, 19 Oktober 2019 di SD inpres Latangka Gowa.

Penyuluhan ini diadakan karena Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan kegiatan sekolah yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan di sekolah, baik untuk siswa maupun guru/karyawan di sekolah tersebut. UKS adalah usaha yang di lakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur,jenis dan jenjang pendidikan mulai dari TK sampai SMA/SMK/MA. UKS adalah usaha kesehatan masyarakat yang di jalankan di sekolah sekolah, dengan sasaran utama adalah anak-anak sekolah dan lingkunganya.

Sasaran dari UKS adalah seluruh warga sekolah dari jenjang sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah atas. Hal ini dikarenakan UKS merupakan saran yang menunjang kesehatan warga sekolah mulai dari ingkat SD sampai SMA. Peserta didik dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah termasuk perguruan tinggi beserta lingkungannya merupakan sasaran utama dari pembinaan UKS, tutur Nurfardiansyah.

Lebih lanjut, Ardi sapaannya menjelaskan bahwa Banyak penelitian membuktikan bahwa SD Inpres Katangka Gowa adalah sebuah sekolah negeri yang kecil tapi tidak memiliki banyak support dana dari Pemerintah Daerah setempat. Kondisi masyarakat sekitarnya pun tergolong golongan ekonomi menengah kebawah. Minimnya sarana seperti UKS membuat siswa dan siswi tidak mendapatkan penanganan awal di sekolah jika mengalami masalah kesehatan. Siswa dan siswi juga tidak mengerti peran dan fungsi UKS dalam meningkatkan kesehatan tersebut maka tim dosen dari Prodi Kesehatan Masyarakat, UMI merasa perlu untuk melakukan kegiatan penyuluhan sebagai bentuk pengabdian masyarakat terkait dengan masalah tersebut.

Penyuluhan terkait dengan UKS ini juga dirangkaikan dengan pelatihan penggunaan alat kesehatan dan pemeriksaan kesehatan dasar pada guru dan murid di SD Inpres Katangka, Gowa yang diterima secara langsung oleh Kepala Sekolah SD Inpres Katangka, Gowa, Hj. Nadira.S.Pd

Kepala Sekolah SD Inpres Katangka Gowa, Hj. Nadira sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan seperti ini, karena dapat memberikan edukasi bagi siswa siswi kami, lanjut ia juga berharap penyuluhan ini dapat menimbulkan dampak kesadaran siswa agar tidak jajan sembarangan dan dapat mengedukasi teman-temannya unutk melakukan perilaku yang sama.

(HUMAS)