Dosen Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai salah satu tugas pokok Dosen selain melaksanakan pengajaran dan penelitian.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (2/9/2020), kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh Dosen Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia yaitu Nurjannah Abna dan Izki Fikriani Amir ini bertajuk public speaking untuk Pengurus Karang Taruna Desa Borikamase, Kec. Maros Baru, Kabupaten Maros.

Ketua Tim PkM Dosen UMI, Nurjannah Abna disela-sela acara menyampaikan bahwa program pengabdian kepada Masyarakat kerjasama LPkM UMI ini merupakan kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan ilmu, pemikiran demi kemajuan masyarakat khususnya Pengurus Karang Taruna Desa Borikamase dalam meningkatkan keterampilan dan Teknik berbicara di depan umum, serta menumbuhkan kepercayaan mereka berbicara di hadapan umum dengan baik, percaya diri ditunjang intonasi, ketepatan dan performance sehingga menarik bagi audience.

Alumni Fakultas Sastra UMI ini menambahkan Karang Taruna merupakan organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah pengembangan generasi muda di Desa Borikamase yang memiliki peran strategis untuk ikut membantu program pemerintah setempat dalam menyampaikan isu-isu pembangunan secara detail dan jelas, sehingga dibutuhkan teknik berbicara yang baik didepan umum agar informasi atau pesan yang disampaikan dipahami masyarakat, ujarnya.

Kegiatan PkM ini diawali sosialisasi kepada Kepala Desa Borikamase dan Pengurus Karang Taruna Desa Borikamase, lalu dilanjutkan Pelatihan Publik Speaking, bagaimana teknik berkomunikasi efektif sehingga diharapkan pengurus Karang Taruna Desa Borikamase dengan percaya diri, mampu berkomunikasi di depan umum tanpa harus malu, ujar Kepala Humas, Protokoler, dan Kerjasama UMI ini.

Proses pelatihan yang dilaksanakan tidak hanya menekankan pada penyampaian materi tapi ditindaklanjuti dengan praktek. Alhamdulillah meskipun target 20 orang, namun yang mengikuti kegiatan berjumlah 30 orang dengan rincian, pengurus Karang Taruna 20 orang, Kepala Dusun dalam lingkup Desa Borikamase berjumlah 5 orang ditambah Aparat Desa Borikamase. “Alhamdulillah, mereka sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, hal ini sangat terlihat dari potensi diri mereka dalam meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum, saat diberikan kesempatan untuk mempraktekkan menjadi MC dan membawakn laporan Ketua Panitia dalam suatu kegiatan, “ungkap Nurjannah Abna, Dosen Fakultas Sastra UMI.

Sementara itu, Kepala Desa Borikamase, Aswing, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Dosen UMI atas program pelatihan public Speaking yang diperuntukkan bagi kader-kader muda Desa Borikamase yang terhimpun dalam organisasi karang Taruna.

“ Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan kali ini yang tidak lain merupakan bentuk pemberdayaan terhadap pemuda di desa. Pelatihan ini sangat tepat dan berkualitas serta menjadi kebutuhan kami. Baru kali ini kami menerima pelatihan seperti ini, yang sangat kami butuhkan”, ungkap Aswing dalam sambutannya sebelum membuka acara pelatihan.

“Karena itu, pelatihan ini tidak hanya diikuti Pengurus Karang Taruna sebagaimana permintaan Ibu, tapi kami juga minta izin mengikutkan Kepala Dusun dan aparat di lingkup Desa Borikamase. Karena Saya melihat Pelatihan Publik Speaking sangat penting untuk kami pelajari karena menjadi tugas kami untuk menyampaikan berbagai program pemerintah kepada masyarakat. Salah satu unsur penting yang mendukung penyampaian itu tersampaikan dengan baik adalah keahlian public speaking” ujar Pak Aswing.

Dilanjutkan saya juga menitip harapan kepada Pengurus Karang Taruna agar memanfaatkan betul-betul kesempatan ini menerima materi publiks speaking sehingga kalian memiliki keterampilan berbicara depan umum dan ketika diberi kepercayaan berbicara di hadapan banyak orang menjadi hal yang biasa. Ini kegiatan positif harus didukung, beber Aswing.

(HUMAS)